Warga Pulau Cawan Belajar Olahan Pangan Berbahan Konsentrat Protein Ikan

Pelatihan-di-Pulau-Cawan.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAUONLINE, MANDAH - Sukses melakukan pembinaan mangrove di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Indragiri hilir (Inhil).

Kali ini, tim dari Fakultas Perikanan Universitas Riau (UR) taja pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui alih teknologi pembuatan makanan berbahan baku konsentrat protein ikan.

Acara yang berlangsung hari Minggu 19 Agustus 2018 ini mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, melalui Dinas Perikanan dan Kelautan.

"Kami dari Dinas Perikanan Inhil tentu menyambut baik atas program dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau yang mengambil salah satu desa binaan itu ialah Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah," kata Kadis Perikanan dan Kelautan H Mukhtar T.

Program ini dinilai Mukhtar sangat bagus sekali dengan mengajarkan kepada ibu-ibu untuk mengolah ikan menjadi berbagai macam bahan makanan yang bernilai ekonomi tinggi, tentu saja ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi para nelayan.

"Jadi Bapak-bapak ke laut dan ibu-ibunya bisa mengolah hasil laut yang didapat menjadi berbagai macam jenis makanan yang memiliki protein ikan tinggi," ujar Mukhtar.

Sementara itu, Prof Dr Ir Bintal Amin MSc Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI mengatakan, kegiatan yang diadakan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat, Desa Pulau Cawan merupakan desa binaan Unri.


"Kami Dari Fakultas Perikanan & Kelautan Universitas Riau, melihat Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah ini mempunyai potensi baik sekali di bidang Perikanan," ungkap Bintal Amin.

Maka dijelaskan Bintal Amin, kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Pulau Cawan khususkan bidang perikanan terutama masalah manggrove tahun pertama sudah lakukan. Dimana menjaga manggrove di desa Pulau Cawan supaya nelayan-nelayan yang ada di sini tidak terpengaruh dengan produksi perikanan yang sekarang ini dimana-dimana terjadi.

"Jadi dengan adanya konservasi manggrove itu, maka produksi perikanan Kabupaten Inhil di Desa Pulau Cawan kecamatan mandah terjamin kedepannya. Dengan produksi meningkat nanti, produk-produk yang ada bisa diolah menjadi beberapa produk protein tinggi yang berbahan dasar dari ikan itu yang kita lakukan pada hari ini, " jelasnya.

Jadi dengan penyuluhan pengabdian kepada masyarakat kali ini, pihaknya dikatakan, Bintal Amin lebih menfokuskan kepada ikan-ikan, mungkin nanti produksinya melimpah, harganya akan turun sehingga diberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana bisa mengolah produk-produk ikan menjadi produk-produk menjadi bakso dan jajanan masyarakat.

"Kita tau Desa Pulau Cawan dekat dengan pantai solop, jadi bisa masyarakat bisa memproduksi dan sehingga menjadi oleh-oleh wisatawan yang datang ke desa Pulau cawan ini dan kita akan tulis juga oleh-oleh ciri khas pulau cawan dan ini akan memperkenalkan lebih Desa Pulau Cawan kepada masyarakat luar ini yang kita inginkan, " urainya.

Sehingga pengembangan pulau cawan sebagai daerah wisata bisa akan tercapai salah satunya dengan upaya yang dilakukan Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri dengan memberikan pembinaan.

Kepala Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah Said Khairul Hanafiah menyambut baik kegiatan yang diadakan Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri. memang dikatakan Kades, potensi perikanan disini cukup banyak tapi belum berkembang, ikan banyak dan pengembangannya belum ada.

"Mudahan adanya pelatihan hendaknya masyarakat memeperhatikan ini dan ada produk Desa Pulau Cawan bisa dijual ke Tembilahan, Pekanbaru dan bisa ke luar negeri," harapnya. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id