Rokan Hilir Sumbang 85 Titik Api di Riau

Kebakaran-Hutan-Riau1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Rokan Hilir (Rohil) merupakan salah satu kabupaten yang menyumbangkan titik panas terbanyak di Provinsi Riau.

BMKG menyatakan dari 103 titik panas di Riau, 87 diantaranya dipastikan sebagai titik api.

"85 titik api terdeteksi di Rokan Hilir dan satu titik di Bengkalis dan Dumai," jelasnya, Selasa 14 Agustus 2018.

Di Rokan Hilir, Sukisno menjelaskan titik-titik api tersebut menyebar di Kecamatan Bagan Sinembah, Bangko dan Tanah Putih.

Satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau mewaspadai ancaman "ekspor" kabut asap ke negeri jiran Malaysia dan Singapura menyusul semakin meluasnya Karhutla di Rokan Hilir.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan Kabupaten Rokan Hilir merupakan wilayah yang mengalami kebakaran terluas di provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning tersebut.


Rokan Hilir secara geografis berada di pesisir Provinsi Riau dan berbatasan langsung dengan negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura.

"Pemadaman terus kami lakukan. Semua kekuatan kita kerahkan ke sana. Tapi memang cuaca sangat panas yang berdampak kebakaran sulit dikendalikan. Apalagi di Rokan Hilir, diujung dan perbatasan Malaysia," jelas Jim. (***)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id