Jadi Cawapres, Lembaga Adat Melayu Riau Tepung Tawar Sandiaga Uno

sandiaga-dan-prabowo.jpg
(Pojoksatu.id)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pencawapresan Sandiaga Salahudin Uno (SSU), mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019, mendapat sambutan yang antusias dari beberapa kalangan di Riau.

Salah satu bentuk antusiasme ini, antara lain dengan usulan pada Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) memberikan tepung tawar pada lelaki kelahiran Riau 49 tahun yang lalu itu.

Diungkapkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (Ketum DPH) LAMR, Datuk Seri Syahril Abu Bakar, Jumat 10 Agustus 2018, usulan ini datang dari berbagai kalangan.

"Bukan saja dari masyarakat banyak, tetapi juga orang-orang di sekitar Pak Sandi," kata Syahril.

Selain menampung usulan ini, pihak LAMR juga aktif mencari informasi tentang keberadaaan SSU.

"Tentu kita cari waktu Pak Sandi lagi, sementara LAMR siap bila-bila masa saja kegiatan itu dilakukan," katanya.

Sebagai informasi, upacara tepuk tepung tawar merupakan suatu upacara adat Melayu Riau. Upacara ini merupakan simbol untuk mendoakan seseorang karena keberhasilannya atau doa mengiringi suatu kegiatan besar.


Dalam beberapa bulan terakhir, LAMR beberapa kali melaksanakan tepuk tepung tawar pada beberapa tokoh publik. Di antaranya adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan dan politikus dari Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Menanggapi usulan untuk melaksanakan tepuk tepung tawar, pakar komunikasi politik dari Universitas Muhammadiyah, Jupendri M Ikom menilai hal tersebut sangat wajar.

"Tak ada salahnya bila hal itu dilaksanakan," katanya.

Apalagi, SSU memiliki latar belakang yang berhubungan dengan Riau. SSU lahir di Riau, malah sempat menikmati masa kecil ceria di sekolah.

Kenyataan ini dapat memberi motivasi bagi masyarakat Riau, terutama generasi mudanya bahwa daerah ini memiliki potensi sumber daya manusia yang tak kecil. Bukan hanya sumber daya alam.

"Populeritas Ustadz Abdul Somad yang membawa nama Riau masih tinggi, kini muncul pula SSU yang juga membawa nama daerah ini. Sesuatu yang menyebabkan orang harus memandang Riau sebagai sesuatu yang penting," kata Jupendri.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id