Pemprov Riau Pilih Kejar Pendapatan Daripada Rasionalisasi Anggaran

APBD-Riau.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau dengan tegas mengatakan bahwa mereka lebih memilih untuk mengejar pendapatan daerahnya daripada harus melakukan rasionalisasi anggaran, seperti yang mereka sebutkan beberapa waktu yang lalu.

"Upaya kita saat ini ialah mengejar pendapatan dahulu, bukan merasionalisasi. Kalau dapat untuk apa lakukannya (rasionalisasi). Kalau tak bisa, terpaksa," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau (Bapeda) Rahmad Rahim, dikantor Gubernur Riau, Selasa, 10 Juli 2018.

Dirinya membuktikan bahwa perintah itu benar dengan menyebutkan Sekda Provinsi Riau telah mengumpulkan seluruh Sekda yang ada di 12 Kabupaten dan Kota yang ada di Riau untuk mensukseskan tindakan penyelamatan di tengah minimnya pendapatan daerah itu.

"Sekda Prov juga sudah mengumpulkan seluruh Sekda se-Kabupaten dan Kota untuk mengejar pendapatan kita," tegasnya.

"Jadi kita akan mengupayakan ini. Sementara untuk rasionalisasi, kita belum sampai ke arah sana," jelasnya.

Ucapan dari Kepala Bappeda ini sejalan dengan upaya dari Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang berupaya akan menggenjot beberapa sektor pendapatan yang mereka lihat mampu memberikan peluang lebih kepada daerah.


Menurutnya, upaya yang diinginkanya itu butuh sinergitas dan dukungan kuat antara masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih berada di bawah jajarannya.

"Untuk sisi pendapatan ataupun belanja kita, kedepannya kita perlu harus diseriuskan. Ini membutuhkan sinergitas yang kuat antara OPD-OPD kita,"katanya dihalaman kantornya, Selasa, 10 Juli 2018.

Keinginannya itu seperti memberikan perhatian lebih atas kinerja dari Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang mampu memberikan kontribusi maksimal kepada daerahnya.

"Misalnya ada UPT selama ini mampu memberikan kontribusi PAD lebih kepada kita. Itu akan lebih diawasi lagi. Karena kita menuntut mereka agar tetap dalam koridornya yaitu transparansi dan akuntabel," imbuhnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id