BBKSDA Terjunkan Tim Periksa Jejak Harimau di Desa Koto Tuo

Jejak-harimau-di-kebun-karet-desa-koto-tuo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menurunkan Tim Quick Response ke lapangan untuk menindaklanjuti pemberitaan di media sosial terkait temuan jejak Harimau Sumatera di Desa Koto Tuo, Kabupaten Kampar.

Setelah berkoordinasi dengan aparat Desa Koto Tuo, pengecekan lapangan dilakukan di kebun karet yang didampingi perangkat desa.


Dari pemeriksaan tersebut, benar ditemukan jejak yang diduga milik Harimau Sumatera dan diduga sudah terjadi beberapa hari lalu. Sedangkan di lokasi lainnya yang ditunjukkan saksi dari masyarakat, tim tidak menemukan jejak atau tanda-tanda kemunculan lainnya.

Baca Juga Lagi, Ditemukan Jejak Harimau di Kebun Karet Desa Koto Tuo

Selanjutnya, tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tata cara serta tindakan darurat yang harus dilakukan jika bertemua harimau. Tim juga bekerja sama dengan apparat desa untuk bersama membantu memberikan ketenangan dan meminimalisir keresahan masyarakat.

Untuk memastikan keberadaan harimau tersebut, tim juga menyarankan aparat desa untuk menyiapkan umpan di lokasi yang dijumpai jejak harimau dan jika umpan dimakan maka segera menghubungi tim di lapangan. Hal ini diperlukan guna pengambilan langkah penanganan lebih lanjut ke depan. (**)