Kepulauan Meranti Tercatat sebagai Daerah Termiskin di Riau, Ini Sebabnya

Rapat-koordinasi-teknis.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Sekretariatan Wakil Presiden RI, Muhammad Arif Tasrif menyebutkan bahwa Kabupaten 
Meranti menempati posisi pertama wilayah termiskin di Riau jika dibandingkan dari 12 Kabupaten dan Kota lainnya.

"Negara mencatat bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti masih sebagai daerah termiskin di Riau," katanya di ruang Melati, kantor Gubernur Riau, Selasa, 3 Juli 2018.

Arif menambahkan alasan negara menyebut Meranti sebagai wilayah termiskin di Riau karena kabupaten yang beribukotakan di Selatpanjang ini masih tergolong ke dalam wilayah pedesaan dengan tingginya ketimpangan sosial.


"Tak hanya wilayah pedesaan lebih tinggi menyumbang angka kemiskinan. Selain itu, faktor penyebab lainnya ialah ketimpangan antar kelompok disana masih tinggi," jelasnya.

Tambahnya, jika kondisi seperti ini terus terjadi dikhawatirkannya Bumi Lancang Kuning akan dicap jelek, karena menurutnya, kemiskinan di Meranti akan mengakumulasi jumlah penduduk miskin di Riau.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Said Hasyim membantah ucapan dari TNP2K itu. Menurutnya, angka kemiskinan di Meranti telah turun hingga mencapai 28 persen.

Meski demikian, Said menambahkan bahwa selain terjadinya kesenjangan sosial, infrastruktur dasar seperti listrik dan air juga turut menjadikan penyumbang utama Meranti disebut-sebut sebagai Kabupaten termiskin di Riau.

"Di Meranti itu sekarang infrastruktur seperti listrik dan air termasuk akses jalan masih belum memadai. Bahkan Saat ini masih ada 20 persen masyarakat belum menikmati listrik," tutupnya.