360 Personel Polisi Dikerahkan Amankan Penghitungan Suara

Perolehan-suara-sementara.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru mengerahkan 360 personel guna membantu pengamanan penghitungan suara yang saat ini berlangsung di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di ibu kota Provinsi Riau ini.

"Total 360 personel kita turunkan untuk membantu pengamanan. Selain itu pengamanan juga dibantu teman-teman dari TNI dan Linmas," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi kepada RIAUONLINE.CO.ID di Pekanbaru, Kamis, 28 Juni 2018.

Selain 360 personel yang siaga di 12 PPK, Edy juga menjelaskan Polresta Pekanbaru turut mengerahkan sebanyak 150 personel lainnya untuk melakukan patroli pengamanan ke seluruh penjuru kota dan objek vital.

Edy meminta kepada seluruh jajarannya untuk menjalankan tugas dengan maksimal, serta terus meningkatkan sinergitas dengan TNI serta Linmas sehingga setiap tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau berlangsung dengan aman dan kondusif.

Baca Juga Bawaslu, KPU dan Polda Riau Pantau Pemungutan Suara

Sementara itu, Edy menuturkan secara umum pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau di Kota Pekanbaru berlangsung aman dan kondusif.

"Ini semua berkat kerjasama seluruh pihak. Antara masyarakat dan aparat sehingga dapat mewujudkan Pilkada Riau yang aman dan damai," tuturnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunarto juga menjelaskan hal yang sama. Dia menjelaskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di Indragiri Hilir, pada 27 Juni 2018 kemarin, berlangsung kondusif.

Polda Riau dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak hari ini mengerahkan sebanyak 5.251 personel. 

Klik Juga Banyak Temuan yang Diindikasikan Pelanggaran di Pilgub Riau

Pengamanan juga diperkuat oleh personel TNI yang mencapai 707 personel serta 24.112 Linmas untuk mengamankan 12.048 tempat pemungutan suara (TPS).

Sunarto berharap seluruh rangkaian tahapan Pilkada di Provinsi Riau berlangsung dengan aman hingga berakhirnya seluruh proses dan penetapan pemenang.

Provinsi Riau adalah salah satu daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak pada 2018. Ada dua pesta demokrasi di daerah berjuluk "bumi lancang kuning" itu, yakni Pemilihan Gubernur Riau dan Pemilihan Bupati Indragiri Hilir.

Jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Riau ada sekitar 3,6 juta orang.


Lihat Juga Syamsuar-Edy Memimpin, Intip Hasil Sementara Hitung Cepat KPU

Ada empat pasangan calon yang saling bersaing pada Pemilihan Gubernur Riau 2018. Paslon Syamsuar-Edy Nasution mendapat nomor urut 1. Mereka diusung oleh PAN, PKS dan NasDem. Paslon nomor urut 2 adalah Lukman Edy-Hardianto diusung oleh Gerindra dan PKB.

Kemudian Paslon nomor urut 3 adalah Firdaus-Rusli Effendi yang diusung oleh Partai Demokrat dan PPP. Gubernur Riau petahana, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno menjadi Paslon nomor urut 4. Mereka diusung oleh Partai Golkar, PDIP dan Hanura. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id