Beberkan Angka Lakalantas, Dinkes Riau: Pemudik Hati-hati!

Ilustrasi-Arus-Mudik.jpg
(OKEZONE.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir membeberkan waktu-waktu tertentu saat jajarannya turun melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di ruas jalan yang sering dilalui oleh para pemudik.

Untuk itu, Mimi mengimbau kepada para pemudik yang sudah mengetahui kapan waktunya laka lantas itu kerap terjadi supaya lebih berhati-hati lagi selama berada di perjalanan.

"Pengalaman kita di tahun lalu bahwa daerah rawan kecelakaan itu terdapat di ruas jalan arah ke Sumatera Barat, Taluk Kuantan, Sumatera Utara dan Pelalawan," katanya di kantor Gubernur Riau, Rabu, 6 Juni 2018.

"Untuk waktu yang riskan itu terjadi pada jam 12.00 sampai 19.00 WIB dengan memakan 832 kasus yang dilayani oleh posko kesehatan kami. Dimana daerah rawan itu berada di Kabupaten Pelalawan dengan 243 kasus menyusul Pekanbaru dengan 219 kasus terakhir Rokan Hilir 170 kasus," jelasnya.

Baca Juga Polda Riau Kerahkan 1.399 Personel Amankan Mudik

Yang lebih menghawatirkan, dari kecelakaan tersebut terdapat 6 kasus yang tidak dapat tertolong atau meninggal dunia, 140 korban harus dirawat intensif dan 856 orang mengalami luka ringan.


"Atas kejadian seperti ini berdasarkan surat edaran dari Menteri Kesehatan tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada hari khusus lebaran tahun 2018, kita sudah menindaklanjutinya terhadap seluruh kabupaten dan kota yang ada di Riau ini dengan melakukan upaya promosi tips mudik sehat," imbuhnya.

Pertama yang mereka lakukan ialah dengan menggelar dialog interaktif, memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik dengan menyediakan 100 Puskesmas yang beroperasi selama 24 jam serta memaksimalkan rumah sakit baik swasta maupun milik Pemerintah Daerah apabila nantinya petugas lapangan membutuhkan penanganan khusus.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id