Program Satu Kampung Satu Rukan Jadi Percontohan Polri se-Indonesia

Bupati-Syamsuar-Salaman-dengan-Presiden-Jokowi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI 

RIAU ONLINE, SIAK - Program Satu Kampung Satu Rumah Kantor Bintara Pembina Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dilakukan Pemerintah Kabupaten Pemkab) Siak, mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo. 

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Siak membangun 131 unit sesuai jumlah kelurahan atau kampung di daerah berjuluk Negeri Istana tersebut. 

Penghargaan Satu Kampung Satu Rukan Babinkamtibmas ini diterima langsung oleh Bupati Siak, Syamsuar, Senin, 10 Juli 2017, di Jakarta. Bupati Syamsuar juga menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo atas perhatian Pemkab Siak.  

"Syukur Alhamdulillah, penghargaan ini menambah motivasi saya untukbekerja lebih baik demi kepentingan bangsa dan negara," kata Syamsuar.

Siak Layak Anak

Syamsuar mengatakan, pembangunan rumah kantor Babinkamtibmas dituntaskan pada 2015 lalu itu dimaksudkan memberikan dukungan kepada Polri dalam mewujudkan suasana aman dan tenteram di tengah masyarakat.

“Bentuk dukungan kita ialah melalui pembangunan sarana dan prasarana penunjang tugas kepolisian dijajaran Polres Siak” kata Syamsuar.


Syamsuar menyebutkan, penghargaan ini adalah buah kerja semua elemenmasyarakat yang senantiasi menjaga lingkungan, dan sejuah ini tidak ada gejolak yang berarti di Siak sehingga bisa memecah belah masyarakat.

Kebersamaan dan tidak membedakan suku dan agama, ucap Syamsuar, adalah kunci terciptanya kenyaman, ketentraman, dan keamanan di Siak. 

Memastikan kamtibmas ini lanjut dia tak hanya jadi tugas polisi, namun tanggungjawab pemerintah daerah bersama elemen masyarakat, sebagaimana infrastruktur kesehatan dan pendidikan.

Menurut Syamsuar, berdasarkan Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada Pasal 15 menyebutkan,  keamanan ketertiban dan ketentraman serta perlindungan masyarakat menjadi urusan wajib, dan termasuk dalam pelayanan dasar yang harus dilaksanakan pemerintah daerah.

 

“Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan modal dasar pagi Pemerintah Daerah untuk menjalankan roda pembangunan” tuturnya. 

Berdasarkan data dihimpun Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Siak, pembangunan 131 unit rukan Bhabinkamtibmas tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap, dan telah tuntas direalisasikan pada 2015 lalu.

“Pada 2014 rukan dibangun sebanyak 86 unit, disusul pembangunan 20 unit lagi setahun kemudian. Namun sebelumnya, sudah ada 25 unit yang telah dibangun Pemkab Siak pada tahun 2005 yang lalu” jelas Kabag Administrasi Pemerintahan Budhi Yuwono.

Mekanisme penganggaran pembangunan rukan ini sebut Budhi, dianggarkan pada APBD Kabupaten Siak melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana Pokmas.

“Pak Bupati sengaja memilih cara yang unik lewat perpanjangan tangan pemerintahan kampung, beliau ingin pemerintahan ditingkat paling bawah juga ikut berpartisipasi membangun kamtibmas” pungkasnya.