Di Siak, Tepung Terigu, Ayam dan Telur Naik Harga

Sidak-Disperindag-Siak2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Siak melakukan Pemantauan harga sembako di sejumlah toko dan di Pasar Belantik Kota Siak, Kamis, 24 Mei 2018.

Adapun toko yang disidak oleh Disperindag adalah Toko Sundra, Toko Sempurna, Toko Damai, Toko Veksi, Alparmart Jalan Rajak Kecik, Pergudangan Ali Jaya di Jalan Sapta Taruna dan Pasar Tradisional Blantik Raya.

Sembako yang mengalami kenaikan saat ini adalah tepung terigu, yang semula harga Rp 7.000/kg kini naik menjadi Rp 12.000/kg dan telor ayam naik Rp3 ribu/papan.

Selain itu, ikan tongkol juga naik Rp5 ribu dari harga semula Rp25 ribu menjadi Rp28 ribu/kg dan udang dari Rp90 ribu naik menjadi Rp95 ribu/kg.


Sedangkan untuk cabe Padang malah turun dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp35 ribu/kg di Pasar Belantik Raya. Sementara harga sembako Lain masih stabil dan terkendali belum ada kenaikan harga.

Kadis Disperindag Siak Wan Ibrahim di sela-sela sidak harga sembako tersebut mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap sembako secara kala kenaikan harga.

Baca Juga Sidak, Disperindag Siak Temukan Sosis Bercacing dan Fanta Kadarluarsa

Dia mengatakan, untuk keseluruhan harga di toko, swalayan dan pasar tradisional Belantik, Siak masih stabil, meski ada beberapa komoditi mengalami kenaikan harga.

"Namun keadaan harga komoditi tersebut kita nilai masih stabil," imbuhnya.

Dia juga mengatakan, pengecekan harga komoditi dan stok bahan pangan tersebut sangatlah penting, untuk mengantisipasi kenaikan harga dan kelangkaan menjelang Idul Fitri.

Sementara, pemilik Toko Sempurna, Acong, mengatakan bahwa hal itu wajar terjadi menjelang lebaran.