Program Unggulan DMIJ di Inhil Sudah Capai 100 Persen

Peresmian-DMIJ-Kecamatan-Kempas.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Pelaksanaan program unggulan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), yaitu Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dan P3MD mulai menunjukkan hasilnya.

Ini terlihat dari pelaksanaan Gebyar DMIJ di desa-desa seluruh Kecamatan Kempas.

Kepala Desa Karya Tani mengungkapkan, untuk penyelenggaraan kegiatan DMIJ dan P3MD ini telah menelang anggaran dana desa yang tidak sedikit. Yakni sebesar Rp 17 miliar.

"Adapun pelaksanaan penggunaan dana desa melalui DMIJ ini tidak semua digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja. Melainkan ada penggunaan dana yang diperuntukkan bagi kegiatan non fisik," ujarnya saat menghadiri peresmian program di Kecamatan Kempas, Rabu 24 Januari 2018.

Namun, diakuinya dana desa yang diberikan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tersebut memang banyak tersedot untuk pembangunan fisik. Seperti pembangunan atau semenisasi jalan, pembuatan box culvert, sumur bor, jembatan beton, seminasi lapangan atau sarana olahraga dan rehabilitas kantor desa.


Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan dalam sambutannya mengatakan, ia sudah mendapatkan laporan dari desa-desa, bahwa pembangunan yang dialokasikan melalui program DMIJ dan P3MD telah terlaksana 100 persen.

Tidak hanya selesai, menurut Bupati Wardan, hasil pengerjaannya juga memuaskan, kendati penganggaran yang telah dilakukan memang terbatas.

"Dengan telah dilakukannya berbagai kegiatan pembangunan desa dengan menggunakan anggaran dana desa melalui program DMIJ ini, saya berharap masyarakat bisa menikmati nya. Dan tidak hanya itu, masyarakat juga harus dengan sadar untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun," ujar Bupati Wardan dalam sambutannya di hadapan ratusan warga Kempas.

Bersempena dengan peresmian Gebyar DMIJ dan P3MD, Bupati Inhil HM Wardan menghadiri pelantikan pengurus anak cabang dan pimpinan ranting Muslimat NU Kecamatan Kempas. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id