Masuki Ramadan, Plt Bupati Siak Instruksikan Camat Data Muzaki

Plt-Bupati-Siak-Alfedri-meminta-kepada-seluruh-Camat-data-Muzaki.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Plt Bupati Siak Alfedri meminta kepada seluruh Camat agar mendata muzaki yang berpotensi mengeluarkan zakat. Langkah ini diambil karena ia melihat masih kecilnya serapan dana zakat yang masuk di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di setiap kecamatan.

"Jika dihitung jumlah muzaki yang ada di kabupaten Siak ini cukup banyak. Mereka sangat potensi untuk mengeluarkan zakatnya, jangan bosan untuk mengingatkan mereka," kata Alfedri di Pucuk Rebung, Rabu, 8 Mei 2018.

Camat selaku perpanjangan tanggan Bupati, sebut Alfefdri, bersama UPZ Kecamatan dan UPZ Kampung, agar menjemput bola dengan datang ke rumah-rumah para Muzaki dan menyampaikan risalah juga manfaat zakat bagi umat yang belum bernasib baik.

"Kepada Camat agar mendata potensi Muzaki yang ada di masing-masing kecamatan, berapa jumlah muzakinya yang berpotensi mengluarkan zakat, kemudian diundang, diberikan mereka penjelasan tentang manfaat zakat yang akan mereka bayar," pinta Alfedri.

Selanjutnya disampaikan Alfedri, memasuki Ramadan nanti, Baznas Kabupaten Siak akan menyalurkan zakat kosumtif tahap II tahun 2018 di 14 Kecamatan, dan melakukan Gemar Berzakat (Gerakan Masyarakat Siak ber Zakat).


"Ini momennya bagi umat muslim menyalurkan zakat agar semakin meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Siak, Abdul Rasyid Suharto menyenjelaskan, bahwa rapat ini dilakukan untuk persiapan 2 kegiatan Baznas Siak yang harus dimatangkan. Pertama, berkenaan dengan rapat persiapan pelaksanaan penyaluran, dan yang kedua rapat kegiatan Gerakan Mayarakat (Gemar) Siak Berzakat yang akan dilaksanakan mulai 21 Mei 2018 atau pada 4 Ramadan di 14 kecamatan.

"Kegiatan Gemar Berzakat ini merupakan kegiatan yang ke-5, tahun lalu kita laksanakan di 7 kecamatan, sedangkan untuk tahun 2018 ini kita laksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Siak," jelas Rasyid.

Dijelaskannya lagi, penyaluran zakat tahap II di bulan suci Ramadan nanti dengan total dana yang akan kita salurkan berjumlah Rp1,6 miliar dengan pola penyaluran konsumtif yang akan diberikan kepada 1,962 Mustahik.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id