Bertemu 350 Siswa Pengurus OSIS, Jokowi: Anak-anak Semua Calon Pemimpin

Jokowi-bertemu-anak-SMA-PEKANBARU.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo mengajak ratusan siswa sekolah menengah atas sederajat di Kota Pekanbaru yang tergabung dalam kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bijak menggunakan medsos

"Sekarang di sini (para siswa) menggunakan Sosmed. Gunakan yang namanya Sosmed menyebarkan semangat nasionalisme, semangat belajar kita, semangat ibadah, olahraga dan ide gagasan," kata Presiden di hadapan siswa pengurus OSIS di Pekanbaru, Rabu, 9 Mei 2018. 

Sebanyak lebih dari 350 siswa pengurus OSIS dari berbagai SMA sederajat bertatap muka secara langsung dengan kepala negara di Hanggar Charlie Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. 

Presiden yang tiba sekitar pukul 13.45 WIB atau setelah mendarat dari kunjungan kerjanya di Kabupaten Rokan Hilir tersebut langsung disambut histeris oleh para siswa. 

Kepala negara di awal pengarahannya kepada ratusan siswa mengaku senang karena generasi penerus bangsa tersebut terlihat semangat dan optimis. 

Didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Presiden menyampaikan bahwa siswa yang menjadi pengurus OSIS merupakan calon pemimpin di masa mendatang. 

"Anak-anak semua adalah calon pemimpin. Sekarang mungkin jadi pemimpin di sekolah masing-masing. Tapi nanti suatu saat bisa menjadi pemimpin teman-teman yang lain," ujarnya. 

"Bisa jadi menjadi pemimpin daerah, Bupati, Walikota, gubernur, menteri. Bisa jadi presiden juga. Kenapa tidak?" lanjut Presiden disambut tepuk tangan meriah. 

Untuk itu mantan Walikota Solo itu meminta agar siswa dan pengurus OSIS untuk terus menumbuhkan semangat belajar dan terutama jiwa nasionalisme untuk menjadi pemimpin berkarakter dimasa mendatang. 

Setelah memberikan pengarahan, Jokowi menyempatkan diri untuk berdialog dengan sejumlah siswa. Kesempatan itu tidak disia-siakan para siswa pengurus OSIS untuk langsung bertatap muka dengan Presiden. 

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau sejak Selasa hingga Rabu hari ini, 8-9 Mei 2018. Presiden yang tiba pada Selasa, 8 Mei sore kemarin menyempatkan diri blusukan ke pusat perbelanjaan modern Mall Ciputra Seraya pada malam harinya. Presiden juga sempat membeli kaos serta sepasang sepatu. 

Sementara pada Rabu pagi tadi, Jokowi meluncurkan program peremajaan sawit rakyat (PSR) di Kabupaten Rokan Hilir. 

Seluas lebih dari 328 hektare lahan sawit milik masyarakat yang tidak lagi produktif diremajakan dengan program lintas kementerian melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Di Rokan Hilir Presiden juga disebut menyerahkan bantuan hibah dana sebesar Rp8,2 miliar dalam program tersebut. 

Selanjutnya, Presiden akan menghadiri sejumlah kegiatan termasuk peringatan Harlah NU ke-92 di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru. (**)