Twitter Tiba-tiba Minta Pengguna Ubah Password, Ada Apa?

Twitter2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Twitter belum lama ini menyebarkan notifikasi yang sempat mengejutkan para penggunanya. Melalui notifikasi itu, Twitter meminta para pengguna untuk mengganti password.

Sebuah tanda tanya kemudian muncul, ada apa dengan situs mocroblogging itu. Dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 4 Mei 2018, The Verge mengabarkan, bahwa ternyata ditemukan bug pada sistemnya.

Meski demikian, setelah diselidiki, Twitter memastikan tak ada kebocoran atau masalah penyalahgunaan password yang ditimbulkan bug ini. Kendati begitu, perusahaan itu tetap menyarankan penggunanya untuk mengganti password.

Tindakan ini dilakukan sebagai pencegah hal-hal yang mungkin terjadi. Bukan hanya Twitter, pengguna yang memakai password serupa untuk aplikasi pihak ketga lain juga diminta melakukan penggantian kata kunci.


Perusahaan menyebut bug ini terjadi karena ada masalah dalam proses hashing yang berfungsi melindungi kata sandi. Jadi, bug ini mengubah proses hashing yang harus dilakukan menjadi karakter string acak yang ada di sistem Twitter.

Sebab itu, password yang dimiliki pengguna tersimpan dalam teks biasa di log internal dan tak tertutup. Twitter juga mengungkap telah menemukan bug dan menghapus seluruh kata sandi yang tersimpan.

Namun, Twitter belum mengungkap jumlah pengguna yang terdampak bug ini. Mengingat perusahaan meminta hampir seluruh pengguna mengganti password-nya, besar kemungkinan pengguna yang terdampak bug ini cukup besar.