Hari Ini, IPA Convex Ke-42 Akan Dibuka Presiden Jokowi

Jelang-pembukaan-IPA-Convex-ke-32-di-Planery-Hall-JCC.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Indonesian Petroleum Association (IPA) akan menyelenggarakan IPA Convex ke-42 dengan mengusung tema "Driving Indonesia’s Oil and Gas Global Competitiveness". Hal ini dikatakan Communications Spesialist PT Chevron Okta Heri Fandi, di Restoran NanaBan Tei kepada wartawan dari Riau, yang diundang PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), Selasa, 1 Mei 2018.

Rencananya, IPA Convex ke-42 hari ini, Rabu, 2 Mei 2018, akan dibuka Presiden Joko Widodo. Sementara menurut jadwal akan terdapat pula diskusi yang dihadiri CEO dari perusahaan hulu migas.

Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia, Managing Director Chevron InoAsia Bussiness Unit Chuck Taylor, akan turut sebagai salah satu pembicara dalam diskusi tersebut. Selain itu, diskusi yang dihadiri CEO dari perusahaan hulu migas lainnya akan dihadiri CEO Mubadala Petroleum Dr Bakheet Al Katheeri, CEO KUFPEC Shaikh Nawaf S Al-Sabah, CEO MedcoEnergi Roberto Lorato, EVP and CEO Upstream Petronas Datuk M. Anwar Taib, serta CEO Pertamina Elia Massa Manik.

Selain itu, Okta melanjutkan, khusus mengenai teknologi dan inovasi, pada IPA Convex kali ini akan terdapat sesi yang membahas teknologi atau disebut technology session. Adapun empat topik mengenai teknologi tersebut yaitu "Governments on Innovation of New Technology Improvement", "Impact of Digital Internet of Things in the Upstream Oil and Gas", "New Business Model in Gross Split System", dan "Technology for Decommissioning". Sebagai contoh teknologi Injeksi ekplorasi minyak bumi yang diterapkan di Duri, Riau, telah memperpanjang usia lapangan.


Kemudian dalam acara yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada hari pertama ini, untuk menggambarkan adanya efek berganda (multiplier effect) dari industri migas, lanjutnya, akan terdapat dialog antara para tokoh masyarakat dari daerah penghasil migas yang merasakan dampak positif dari keberadaan industri migas dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada acara pembukaan IPA Convex 2018.

Sementara Chevron, ujar Okta, mengajukan tiga tokoh dari wilayah operasi program CSR Chevron di Riau. Namun salah satu tokoh dari tiga tokoh yang diundang oleh pihak Chevron, yang diajukan ke panitia IPA Convex ke-42, ialah Mus Mulyadi, yang merupakan Ketua Kelompok Pertanian Terpadu Sakai.

Program pertanian terpadu yang diinisiasi oleh Chevron sejak tahun 2012 silam ini, sudah mendapatkan manfaat ekonomi dalam mengembangkan pertanian mereka dari salah satu program Investasi Sosial Chevron di wilayah operasi Sumatera. Kini, program ini sudah merambah ke berbagai sektor, yaitu perikanan darat, di empang atau kolam untuk jenis ikan lele, lalu peternakan unggas yaitu ayam, bebek dan burung puyuh.

"Kita ajukan tiga orang tokoh masyarakat dari berbagai bidang CSR Chevron, IPA Convex 2018, namun yang terpilih Pak Mus Muliyadi," paparnya.

Konvensi dengan tema "Driving Indonesia’s Oil and Gas Global Competitiveness" ini akan digelar pada 2 Mei sampai dengan 4 Mei 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta.(im)