Resmi di Buka, Ini Cabang Olahraga di O2SN dan FLS2N Kampar

WAKIL-Bupati-Kampar-buka-O2SN-dan-FLS2N.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dinilai sebagai kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi siswa, sekolah maupun daerah.

"Bagi siswa, O2SN dan FLS2N moment ini yang sangat tepat dan berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkraesi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menjunjung tinggi sportivitas dan menghargai orang lain," ungkap Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat secara resmi membuka O2SN dan FLS2N jenjang SD/SMP Tingkat Kabupaten Kampar yang dipusatkan di Lapangan Pelajar Bangkinang Kota, Kamis, 19 April 2018.

Wakil Bupati Kampar saat membacakan pidato Bupati Azis Zaenal juga memaparkan sekolah juga mendapatkan manfaat dari kegiatan O2SN dan FLS2N.

"Pemda Kampar menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. Upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah agar tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis saja, akan tetapi menyangkut aspek non akademis, sehingga dengan begitu siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya," lanjut Wabup.

Penyelenggaraan kegiatan olahraga dan seni ini, dinilai sebagai wadah guna mengapresiasikan kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat di bidang olahraga dan seni.

Selain itu Catur Sugeng Susanto juga menambahkan ada beberapa manfaat dari diselenggarakan kegiatan ini diantaranya meningkatkan kondisi kesehatan jasmani dan kreativitas siswa dalam rangka menunjang peningkatan kualitas akademis.

"Selain itu manfaat lainnya bagi daerah adalah terjaringnya bibit-bibit atlet dan peserta berbakat dalam bidang olahraga dan seni untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan, dan yang paling penting adalah menghasilkan siswa terbaik di masing-masing cabang olahraga dan seni yang mampu berprestasi mengharumkan marwah Kabupaten Kampar serta menjadi atlet kebanggaan daerah Kabupaten Kampar," beber Wakil Bupati.


Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kampar Santoso dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakan O2SN dan FLS2N ini adalah menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik di tingkat sekolah, kecamatan dan kabupaten.

"Serta menjaring peserta didik unggul di bidang olahraga dan seni untuk disiapkan menjadi tim Kabupaten Kampar dalam kompetisi olahraga dan seni di tingkat provinsi dan kegiatan ini dilangsungkan selama tiga hari mulai tanggal 19 hingga 21 April 2018 mendatang," terang Kadis.

Untuk peserta O2SN tahun 2018 ini terdiri dari tingkat SD sebanyak 184 orang dari 6 cabang pertandingan, tingkat sekolah menengah berjumlah 178 orang dengan 5 cabang olahraga dengan total atlet berjumlah 362 orang. Untuk FLS2N terdiri dari 4 cabang lomba untuk katagori SD, 5 cabang lomba dari tingkat Sekolah Menengah Utama, dengan total 502 orang peserta, semua peserta berasal dari sekolah di 21 kecamatan di Kabupaten Kampar.

"Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan ada 6 cabang olahraga diantaranya cabang olahraga, atletik di Stadion Tuanku Tambusai, diikuti siswa SD dan SMP, cabang renang di Stanum Bangkinang, diikuti siswa SD dan SMP, cabang senam untuk siswa SD, cabang bulutangkis di GOR Pasir Sialang Bangkinang, diikuti siswa SD dan SMP dan cabang karate di GOR SMA 1 Bangkinang, diikuti SD dan SMP serta cabang silat di Padepokan Silat Bangkinang diikuti siswa SD dan SMP," urai Santoso.

Untuk cabang seni yang diperlombakan untuk FLS2N memperlombakan untuk SD lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim dan lomba gambar bercerita, untuk lomba tingkat SMP diperlombakan diantaranya festival kreativitas tari, festival kreativitas musik dan tradisional, lomba gitar solo, menyanyi solo dan lomba desain poster.

"Pemenang satu akan diikutkansertakan pada O2SN dan FLS2N tingkat Provinsi Riau," pungkas Santoso. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id