Unilak, PTS Pertama Gunakan Sistim PIN di Kopertis X

Wisuda-Unilak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Tahun ini, Universitas Lancang Kuning (Unilak) menjadi perguruan tinggi pertama di Kopertis Wilayah X yang berada di wilayah empat Provinsi Jambi, Sumbar, Riau, dan Kepri yang menaungi 247 PTS, yang menerapkan sistim Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

Kabar ini memberi angin segar bagi wisudawan Unilak, sebab sistem PIN ini merupakan sistem diterapkan oleh Kemenristek Dikti yang bertujuan mengatasi kasus ijazah palsu. Artinya ijazah yang dikeluarkan Unilak telah terdata di Forlap Dikti. Hal ini langsung diutarakan oleh Wakil Rektor 1 Unilak, Junaidi, Minggu, 15 April 2018.

Junaidi mengatakan wisuda Unilak yang akan dilaksanakan 28 April 2018 mendatang menggunakan Penomoran Ijazah Nasional, sebagai bentuk komitmen Unilak dalam menjalankan program dari Dikti

“Sebagai mana diketahui, PIN dirancang oleh Dikti untuk mencegah pemalsuan ijazah.bagi masyarakat yang kuliah di Unilak, ijazahnya telah dijamin keabsahannya oleh Dikti,” ujar Junaidi.

Penyerahan simbolis PIN dari admin PD Dikti dilakukan Unilak pada Rabu, 11 April lalu, oleh Junaidi di lantai III Gedung Rektorat kepada admin PD dikti.

Sementara itu Kepala Biro Akademis Unilak Silm Oktapani menegaskan bahwa dengan adanya sistem PIN ini masyarakat sekali pun dapat melihat keabsahan data ijazah di Forlap Dikti.


“Jadi masyarakat bisa tahu dan melihat langsung bahwa wisudawan dari Unilak terjamin dan terdaftar di Forlap Dikti. Ini sebagai bentuk peningkatan kualitas sistim informasi di Unilak yang dengan cepat mengikuti peraturan dari Kemenristek Dikti,” katanya.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan nomor PIN oleh admin PD Dikti Unilak kepada Wakil Rektor 1 Junaidi.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id