Perangi Rentenir Desa, Andi Rachman Siapkan Rp 1 T untuk BUMDes

Andi-Rachman-kampanye-di-langgam.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, Cagub Riau Arsyadjuliandi Rachman sudah menyiapkan anggaran Rp 1 triliun untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Riau.

Hal tersebut disampaikan cagub yang akrab disapa Andi Rachman itu saat kampanye dialogis di Desa Langkan, Kecamatan Langgam, Pelalawan, Rabu, 11 April 2018. BUMDes juga merupakan salah satu upaya dalam melawan rentenir desa.

Selain itu, Andi Rachman juga menyatakan bahwa sepekan sebelum cuti kampanye, ia sudah menandatangi Nota Kesepahaman atau MMemorandum of Understanding (MoU) dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka bersama-sama memerangi rentenir di seluruh pelosok desa di Riau.

"Kita juga berkomitmen menganggarkan Rp 200 miliar per tahun dari APBD Riau untuk menghadirkan BUMDes di seluruh desa di Riau. Dengan kata lain satu desa satu BUMDes," ungkap Andi Rachman.

Saat ini, 800 dari 1592 desa yang ada di Riau sudah memiliki BUMDes, sedangkan 792 desa lagi akan dituntaskan pendirian pada periode kedua kepemimpinannya apabila menjadi gubernur 2019-2024.


"BUMDes ini kan salah satu unit usahanya simpan pinjam. Nah unit usaha inilah yang kita harapkan dapat menjadi 'pembunuh' rentenir di desa desa karena menawarkan bunga lebih rendah," ujarnya.

Jadi, lanjutnya pelembagaan Unit Ekonomi Desa Simpan Pinjam menjadi BUMDes ini akan terus dipacu. Termasuk di Desa Langkan yang belum terbentuk BUMDes nya.

"Saya dorong bapak-bapak dan ibu segera dirikan BUMDes. Kalau pingin belajar mengembangkan usaha bisa ke provinsi, di sana ada BUMDes Center. Contoh-contoh BUMDes berhasil juga sudah banyak," ujarnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id