Realisasi APBN untuk Jalan Nasional Minim, Dewan: Riau Kurang Jemput Bola

Ilustrasi-APBN2.jpg
(LIPUTAN6.COM)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi IV DPRD Riau menilai selama ini Riau kurang "jemput bola" kepada pusat terkait realisasi anggaran pembangunan jalan nasional di Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Riau Asri Auzar, diakuinya kelemahan Riau adalah minimnya komunikasi dengan pusat terkait jalan nasional.

"Kita minta kepada Pemprov melalui dinas terkait untuk jemput bola ke pusat untuk masalah infrastruktur jalan ini," ujar Asri Auzar, Jumat, 30 Maret 2018 kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Ditambahkan Asri Auzar, apabila butuh bantuan dewan, pihaknya siap membantu selagi itu demi kepentingan masyarakat Riau.

"Kalau diperlukan, kami siap membantu, ajaklah kami, buat proposalnya yang bagus, sampaikan keluh kesah kita, bangun pendekatan sepanjang tidak mengeluarkan duit. Kalau mengeluarkan duit, itu suap namanya," jelas ketua DPD Demokrat Riau ini.

Diakui Asri Auzar, antara DPRD, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memang kurang koordinasi sehingga APBN minim realisasi di Riau saat ini.


"Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, tapi sekarang mari kita upayakan untuk menyerap APBN untuk peningkatan infrastruktur jalan ini, sayang sekali kan karena Riau merupakan menyumbang cukup banyak untuk APBN," pungkasnya.

Lebih lanjut, Asri Auzar berencana akan memanggil dinas-dinas terkait guna membahas minimnya realisasi APBN terhadap pembangunan jalan nasional ini.

"Ya, kalau perlu kita panggil dinas-dinas terkait ke DPRD buat menindaklanjuti permasalahan ini," tutupnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengeluhkan hal yang sama, dikatakannya masih ada beberapa jalan nasional di Riau yang minim realisasi dari APBN.

Sebut saja jalan di kawasan industri Kuala Enok, Tembilahan dan Tanjung Buton Siak, dan juga jalan Ujung Tanjung-Bagansiapaiapi.

"Kita lihat realisasinya, sangat minim sekali, sementara APBD kita untuk infrastruktur semakin lama semakin berkurang," ungkapnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id