Keren, Ini 5 Pesawat dengan Desain dan Teknologi Paling Ikonik Sepanjang Sejarah

Boeing-747-milik-Delta-Air-Lines.jpg
(LIPUTAN6.COM/AFP)

RIAU ONLINE - Pesawat memang merupakan salah satu inovasi teknologi yang paling signifikan dan krusial dalam sejarah manusia.

Eksistensinya mendobrak tradisi mobilitas jarak jauh manusia yang semula hanya mengandalkan perjalanan lewat darat dan laut semata.

Saat ini, kehadiran teknologi yang terinspirasi dari makhluk hidup seperti burung atau capung itu begitu penting, bahkan tak tergantikan. Tak hanya sekedar sarana transportasi udara, pesawat juga berperan sebagai mesih tempur mematikan.

Sejak Wright Bersaudara menjadi pionir pembuat pesawat pertama di dunia pada 1908 hingga kini, telah banyak ragam dan varian burung besi tersebut, dengan berbagai model serta teknologi yang menyertainya.

Berikut, 5 pesawat dengan desain dan teknologi paling ikonik sepanjang sejarah, seperti dirangkum dari Liputan6.com, Selasa, 27 Maret 2018.

The Wright Flyer

Lahir sebagai pesawat pertama di dunia, eksistensi The Wright Flyer selaras dengan julukan yang menyertainya.

The Flyer yang dirancang oleh Orville dan Wilbur Wright ini sungguh sederhana jika dibandingkan dengan pesawat masa kini, yakni terdiri dari beberapa kayu dan papan, satu set rantai dan gir, yang dilengkapi mesin sederhana.

(Liputan6.com/Wikimedia Commons)

Meski hanya berkecepatan sekitar 48,28 km/jam, namun eksistensinya membuka celah lebar bagi inovasi burung besi seperti masa kini.

Boeing B-29 Superfortress

Boeing B-29 Superfortress ini dikenal sebagai pesawat pembawa bom atom untuk Hiroshima dan Nagasaki.

Pesawat ini memang sengaja dirancang dan dibuat oleh Amerika Serikat khusus untuk melakukan misi bomber tersebut di Perang Dunia II.


(Liputan6.com/US Air Force)

Teknologinya dinilai sangat canggih jika dibandingkan dengan pesawat lain pada masanya. Salah satu fitur paling inovatif adalah, kapabilitasnya untuk terbang keliliing dunia non-stop.

Concorde

Menuai popularitas pada 1980-an hingga 2000-an, Concorde menjadi pesawat hipersonik pertama yang masuk dalam pasar penerbangan komersil.

(Liputan6.com/Wikimedia Commons)

Dengan kecepatan hingga sekitar 2.000 km/jam, pesawat berbentuk unik dengan moncong lancip menukik itu mampu terbang dalam waktu tempuh terbang hanya setengah dari penerbangan dengan pesawat reguler (Boeing misalnya).

Sayangnya, seiring waktu, pesawat itu mengalami penurunan popularitas. Penyebabnya harga tiket serta biaya perawatan yang mahal.

Namun, faktor utama penurunan popularitas pesawat pada tahun 2000 iatu adalah masalah kesemalatan. Pasalnya, penerbangan Concorde komersil jatuh dan menewaskan seluruh orang di dalamnya.

Dan akhirnya, Concorde dipensiunkan dari dunia kedirgantaraan pada 2003. Tapi, gagasan penerbangan komersil hipersonik yang terinspirasi dari kejayaan singkat pesawat itu, masih lestari dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Boeing 747

Bisa dikatakan, Boeing 747 adalah rajanya pesawat penerbangan komersil dunia. Sebagian besar orang yang pernah berpergian dengan penerbangan komersil pasti menumpang di dalam pesawat itu.

(LIPUTAN6.COM)

Biaya tiket dan perawatan yang murah, daya tampung besar, umur panjang, dan tangguh adalah beberapa faktor yang membuat pesawat itu menjadi salah satu yang paling ikonik dalam sejarah manusia.

Lockheed SR-71 Blackbird

Lockheed SR-71 Blackbird atau singkatnya, 'Blackbird' membuktikan bahwa teknologi siluman untuk pesawat bukan hal yang mustahil.

Pada 1970-an, eksistensi pesawat itu memberikan keuntungan strategis bagi militer dan intelijen Amerika Serikat.

(Liputan6.com/Wikimedia Commons)

Kecepatannya yang luar biasa (mampu mencapai Mach 3) dan kapabilitasnya untuk tak terdeteksi radar memberikan keunggulan tersendiri bagi AS dalam Perang Dingin melawan Uni Soviet.

Pada 1999, pesawat itu dipensiunkan dan teknologi Blackbird kini menginspiras bagi pesawat jet tempur siluman canggih generasi selanjutnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id