Sekdaprov Ahmad Hijazi Diperiksa Jaksa, Terkait Korupsi Dispora Riau

Korupsi-Ilustrasi.jpg
(LIPUTAN6.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Rabu siang, 21 Maret 2018. Dia diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana di Dispora tahun 2016.

Pemeriksaan Ahmad Hijazi dilakukan di ruang Pidsus lantai dua Kejati Riau oleh penyidik, Dr Zulkifli Lubis. Dia baru keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 14.30 WIB. Ahmad Hijazi yang dikonfirmasi terkait kedatangannya menyebutkan, dirinya berdiskusi terkait mekanisme penganggaran di Dispora Riau.

"Diskusi tentang tatip (tata tertib) DPRD juga," kata Ahmad Hijazi sambil berjalan menuju mobil yang sudah menunggunya di halaman depan kantor Kejati Riau.

Sementara, Asisten Pidsus Kejati Riau, Subekhan, mengatakan, sejauh ini sudah puluhan saksi dipanggil terkait perkara Dispora. Dalam proses penyidikan, pemanggilan kembali dilakukan.

"Sementara sudah (ada saksi yang diperiksa). Sudah banyaklah. Sepuluh orang lebih (dari Aparatur Sipil Negara)," kata Subekhan.


Sebelumnya, dalam proses pengumpulan bahan dan keterangan, penyidik juga sudah memanggi Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi, dan mantan Kadispora, Edi Yusti. Penyidik juga memanggil rekanan yang mengerjakan proyek tersebut.

Dugaan penyimpangan itu terjadi pada kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana olahraga pada Dispora Riau dengan menggunakan dana dari APBD Perubahan Provinsi Riau tahun anggaran 2016 dengan anggaran Rp21 miliar.

Penanganan perkara ini merupakan tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) terhadap proyek di Dispora Riau. BPK menemukan penyimpangan sebesar Rp3,5 miliar pada proyek sarana dan prasarana di Dispora Riau tahun 2016.

Saat proyek dilaksanakan, ditemukan adanya kekurangan volume kerja dan kelebihan bayar. Diyakini, proyek itu menimbulkan potensi kerugian negara yang cukup besar. (**/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id