Hari TBC Sedunia, Biddokkes Polda Riau Taja Penyuluhan Kesehatan di Polres Kampar

Hari-TBC-se-Dunia-di-Kampar.jpg

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Tim Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Riau taja Sosialisasi dan Penyuluhan tentang Penyakit Jantung, Hypertensi dan TBC Paru, serta pengambilan sampel dahak dalam rangka Hari TBC Sedunia di Gedung Serbaguna Polres Kampar, Selasa 20 maret 2018.

Kegiatan yang melibatkan kerjasama dengan Puskesmas Bangkinang Kota ini dihadiri oleh Tim Biddokkes Polda Riau. Antara lain dr Nelly R Marpaung, didampingi Juniar Sitinjak S Kep Ns dan Iptu Erdil Kamri Amk serta RJ Sinambela SE.

Selain itu hadir Kepala Puskesmas Kecamatan Bangkinang Kota dr Eli Susanti serta personel Urkes Bag Sumda Polres Kampar.

Kedatangan Tim Bid Dokkes Polda Riau ini diterima oleh Waka Polres Kompol Basa Emden Banjarnahor SIK, MH yang mewakili Kapolres Kampar, selanjutnya dilakukan penyuluhan oleh Tim yang didampingi Iptu Habibahnil dan diikuti segenap personel Jajaran Polres Kampar.

Mengawali penyuluhan ini Tim Biddokkes Polda Riau melalui Juniar Sitinjak S. Kep Ns memberikan penjelasan tentang penyakit jantung koroner sebagai penyakit yang sangat berbahaya.


Sebelum mengakhiri penyuluhan tentang penyakit jantung ini, narasumber memberikan kesempatan bertanya kepada para peserta penyuluhan yang ditanggapi langsung oleh tim.

Usai sesi tanyajawab dilanjutkan dengan topik Hipertensi dan penyebab-penyebabnya, kemudian paparan dari Kepala Puskesmas Bangkinang Kota dr. Elvi Yanti tentang penyakit TBC meliputi pengertian TBC, penyebab, penularan TBC dan fakta tentang penyakit TBC di Indonesia.

"TBC dapat disembuhkan dan dicegah melalui cara atau tindakan tidak meludah disembarangan tempat, menutup mulut pada waktu bersin dan batuk dan saat pengobatan tidak boleh terputus konsumsi obatnya sebelum benar-benar sembuh," terang dr. Elvi.

Kegiatan berikutnya yaitu vaksinasi Hepatitis-B dan pengukuran tensi, diawali pengisian formulir persetuan bagi peserta yang mau divaksin, bagi yang telah mengikuti vaksinasi diberikan kartu vaksin. (*/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id