LAM Riau Sesalkan Minimnya Anggaran Pendidikan Muatan Lokal Budaya Melayu

Syahril-Abubakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Syahril Abubakar menyesalkan minimnya anggaran bagi pendidikan muatan lokal budaya Melayu di Riau.

Menurutnya, hal itu berdampak kepada terkendalanya para tenaga pengajar untuk mendapatkan pendidikan khusus budaya Melayu.

"Kita hari ini tengah menghadapi persoalan muatan lokal budaya Melayu yang terkendala tenaga pengajar dimana belum semuanya mendapatkan pendidikan khusus budaya Melayu dari tingkat SD sampai ke tingkat SLTA sederajat," katanya di LAM Riau, Rabu, 28 Februari 2018.

Akibat minimnya anggaran ini menyebabkan beberapa tenaga pengajar non muslim turut dilibatkan. Dimana hal ini merupakan upaya yang cukup mengejutkan karena budaya Melayu sendiri kental dengan agama Islam.

Tambahnya, pemerintah daerah diharapkannya mau menggelontorkan anggarannya untuk memperkuat tatanan dasar budaya melayu di Riau.

"Kendala saat ini pemerintah daerah belum memberikan credit poin ditambah belum adanya tunjangan khusus. Kita harap mau menganggarkan membiayainya sehingga bisa berjalan dengan baik. Karena ini telah memiliki payung hukum serta telah ada dalam peraturan daerah," jelasnya.


Mendapatkan laporan seperti itu, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim akan menindaklanjutinya.

Wan Thamrin mengatakan demi mendukung tercapainya visi Riau 2020, pemerintah daerah harus bahu membahu menuntaskan masalah ini.

"Kalau kita sudah mengenal kata mufakat walaupun dengan kondisi ekonomi kita seperti ini dimana mampu menjawab tantangan 2020. 
Kuncinya cuma satu. kesepakaktan kita bersama selama empat bulan ini saya menjadi Plt kita beri warna tersendiri untuk Riau ini. Kita berunding bersama karena pergubnya sudah ada. Alangkah bebalnya kita kalau seperti itu tak bisa dilaksanakan," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id