Konsumen Batalkan Pesanan, Kesedihan Driver Gojek Ini Picu Amarah Netizen

Driver-Gojek-sedih.jpg
(FACEBOOK/SURYADHARMA)

LAPORAN: NANDA FADILLA SARI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jaket hijau diselingi warna hitam yang tidak lupa lengkap dengan helm yang juga bewarna sama menjadi sangat jelas di mata, bahwa dari kejauahan terlihat mereka adalah pejuang sesuap nasi untuk keluarganya yang sedang menunggu di rumah, mereka ialah ojek online atau yang lebih akrab disebut Gojek.

Tidak cukup hanya mengantar orang dari satu tujuan ke tujuan lain, lebih dari itu mereka lakukan seperti mengantar makanan pesanan para konsumen yang sudah dipesan melalui Gojek atau bisa dinamai Gofood.

Bahkan, ketika mereka para Gojek berniat baik untuk mengantar pesanan, masih ada konsumen yang tidak menghargai keringat kerja dari mereka yang sudah bersusah payah memenuhi keinginan para konsumen.

Seperti terlihat pada postingan di Facebook Suryadharma pada 24 Februari 2018, terlihat seorang pria paruh baya sedang bingung di depan sebuah ruko di samping pos Teuku Umar Pekanbaru Provinsi Riau.

Pria itu sibuk dengan handphone di tangan sambil berusaha untuk terus menghubungi si konsumen dan mengirimi pesan. Sayangnya, hanya penolakan yang ia terima.

Sedangkan, di tangan kanannya terlihat nota bukti pembayaran pesanan makanan yang tak lepas dari pandangannya. Ditambah lagi dengan teriknnya Kota Pekanbaru, tidak bisa dipungkiri bahwa lusuh dan letih sangat jelas terlihat di wajah si driver ojek online.

Selama setengah jam, sedih dan bingung terlihat jelas di wajah pria tersebut. Bagaimana tidak, pesanan yang sudah dibeli bahkan tinggal diantar ke lokasi konsumen, gagal diantar, karena konsumen membatalkan pesanannya.

Hanya karena selisih uang Rp2000 rupiah, pesanan pun dibatalkan. Pesanan dengan nama barang Fuyunghai dengan harga Rp33.000 disertai pajak ppn 10 persen itu menjadi beban yang tidak bisa terelakkan lagi olehnya.


Nota bukti pembayaran pesanan makanan (Facebook/Suryadharma)

Uang dengan Rp33.000 rupiah itu menjadi pertanggungjawaban di dunia kerjanya sebagai ojek online, jika tidak lelaki tersebut akan terkena suspend berupa sanksi dari perusahaan Gojek, sementara uang yang tersisa dikantong hanya Rp7000.

Sontak para penikmat facebook membagikan kiriman Suryadharma dan membanjiri kolom komentar yang kebanyakan menunjukkan amarahnya. Tak sedikit pula yang memberikan untuk Si driver Gojek.

Netizen Ova Maheka menunjukkan amarahnya di kolom komentar, "Buat yg order makann via gojek klo ga punya duit ga usah sok2 an order via gojek bnyak gaya duit ga ada... Jalan sndiri klo ga mau mahal..... Smoga sehat sll rejeki nya lancar y om gojek," tulisnya

Ada pula Lativa Delimar Mochtar yang berkomentar, "Sistem i i hrus di kaji ulang lg. Krn byk kjadian bgini yg mrugikan driver. Sharusnya mrk pesan dg hrg brp lgsg poto g gopai mrk. Jd driver g rugi.."

Sedangkan Lovely Rina, melalui kolom komentar memberikan dukungan dan doa untuk si driver ojek itu.

"Sabar kali lah abg gojeknya,, semoga allah melapangkan rezeki abg gojek itu ya, menambahnya dengan yang lebih banyak, aammiin.. dan yang sidodol yang batalin pesanan semoga rezekinya mampet seret," tulisnya.

Soledad berkomentar, "Ya ampun bapak, seandainya anda disurabaya saya suruh antar kerumah saya, saya ganti beli itu makanan.. yang sabar ya bapak gojek, semoga allah balas kesabaran bapak dengan limpahan rezeky dan kebaikan, aammiin".

Ada pula Gunawan igun yang juga memberikan doa agar si driver ojek online di lapangkan rejekinya, "Mudah mudahan driver gojeknya diberi rezeky yang melimpah ya Allah, dan yang mesen suatu saat dapat karmanya," kata dia.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id