Yuk Intip Latihan TNI AU untuk Tingkatkan Pertahanan Udara

TNI-AU-Gelar-Latihan1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

Laporan: Hasbullah Tanjung

RIAU ONLINE, PEKANBARU - TNI Angkatan Udara melakukan aksi force down (turun paksa) pesawat tempur jenis F16 TNI AU dalam latihan yang di gelar di Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu, 21 Februari 2018

Usai mem-force down pesawat tersebut, puluhan angkatan udara lainnya bersiap di darat dengan senjata lengkap, ada yang tiarap dan ada pula yang membidik dari dalam truk mobil tim darat.

Setelah dua orang pilot berhasil diamankan, selanjutnya dibawa ke dalam markas yang dijaga ketat oleh angkatan bersenjata lengkap guna dilakukan interogasi.

"Latihan Force Down ini merupakan rangkaian latihan yang sudah di gelar sejak senin lalu, diseluruh wilayah Kosekhanudnas III yakni di Medan,Dumai dan Pekanbaru serta melibatkan 886 orang angkatan," ungkap Asisten Operasi Komando Pertahanan Udara Nasional, Kolonel Pnb Yostariza.

Dilanjutkan Yosta, ada dua latihan yang digelar hari ini, yaitu latihan pertahanan udara perkasa dengan sandi latihan Hanud Perkasa C 2018, dan latihan pasca Force Down itu sendiri.


"Kita ingin menguji pasukan secara terpadu untuk kesiapan dalam operasi pertahanan udara, dan terujinya kemampuan didalam integrasi dan interpobality antar unsur hanud," tambahnya.

Selain itu, Kadisops Lanud Rsn Letkol Pnb Jajang Setiawan yang mendampingin Yosta mengatakan latihan ini merupakan latihan rutin yang digelar tiap tahun.

"Kita uji prosedur tetap ( Protap) dalam upaya kita menjaga wilayah kita, apabila memang nantinya itu akan terjadi, meskipun itu tidak kita harapkan, tapi yang penting kita lakukan persiapan dulu," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id