Kampar Harus Punya Posko Pengendalian Dana Desa

Sekda-Kampar-pimpin-rapat.jpg

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Kabupaten Kampar harus mempunyai tim untuk pengendalian dana desa, sehingga seluruh Kepala Desa di Kampar aman dari berbagai jeratan hukum.

Hal ini diutarakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar Drs Yusri, saat memimpin rapat bersama Kepala Dinas Dan Staf PMD Kabupaten Kampar yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda Kampar, Selasa, 13

"Dengan akan dibagikannya Anggaran Dana Desa sebesar Rp 120 Milyar per tahun untuk 251 desa yang ada di Kabupaten Kampar, kita harus mempunyai tim untuk pengendalian dana Desa, agar seluruh Kepala Desa aman dari berbagai jeratan hukum," ujar Sekda.

Ditambahkan Yusri, demi berjalannya pengelolaan dana desa dengan baik, Dinas PMD diharapkan punya connecting dengan seluruh desa melalui posko pengendalian tersebut, agar kepala desa dan aparaturnya bisa bertanya dan mendapatkan solusi dari seluruh persoalan yang mereka hadapi, baik tentang keuangan dan lainnya.

"Dinas PMD diharapkan menunjuk staf yang profesional yang stanbye dan ditempatkan di posko setiap kecamatan yang dibuat, agar masyarakat bisa bertanya dan meng update semua informasi terbaru yang dibutuhkan oleh masyarakat," harap Sekda.


Pada kesempatan tersebut Yusri juga ada mengatakan bahwa honor Kepala Desa yang ada di Kabupaten Kampar masih dibilang rendah dibanding dengan Kabupaten lain. Untuk itu ke depannya Pemda Kampar akan memberikan reward kepada setiap Kades yang tuntas melaksanakan pertanggungjawaban dana desanya.

Sementara itu kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tridarmawan mengatakan Dinas PMD akan memandu seluruh desa agar selesai menyusun APBDes sampai kepada pertanggungjawabannya.

"Sebelum desa menyusun APBDes kita akan melakukan fasilitas keuangan desa dan akan mengawal pelaksanaan kegiatan sampai dengan pertanggung jawaban penggunaan anggarannya dengan harapan agar seluruh Kepala Desa aman dan tenang dalam menjalankan tugasnya," ujar Kades. (*/1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id