Layanan Data Terus Dorong Pencapaian Kinerja XL Axiata

CEO-XL-Axiata-Indonesia.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mencatat kinerja yang kuat di sepanjang 2017. Hingga akhir tahun 2017, tercatat pendapatan kotor XL Axiata meningkat 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utamanya.

Keberhasilan XL Axiata ini terutama ditentukan tiga hal, yaitu strategi “Dual Brand”yang tepat, terus berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, serta pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan dan trafik dari wilayah luar Jawa.

"Pencapaian sepanjang 2017 ini menunjukkan transformasi bisnis yang kami lakukan sejak 2015 sudah tepat, dan berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan. Salah satu indikatornya adalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan, yang saat ini mencapai 69 persen dari tahun sebelumnya sebesar 48 persem," terang Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini dalam rilis yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 2 Februari 2018.

Keberhasilan penerapan strategi “Dual Brand” ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone serta terus meningkatnya trafik layanan data. Sebagai salah satu agenda utama dalam transformasi bisnis, brand “XL” telah mampu membangun daya tarik dan meraih kepercayaan dari kalangan pekerja, baik pekerja kantoran maupun pekerja di sektor informal.

Sementara itu, daya tarik yang ditawarkan brand “AXIS” mampu merebut kepercayaan dari segmen anak-anak muda. Kedua brand tersebut berhasil menawarkan produk layanan data yang sesuai dengan harapan masing-masing segmen. Sejumlah produk layanan data yang inovatif dengan menawarkan manfaat lebih baik terbukti mampu memuaskan pelanggan dan masyarakat.


Untuk pelanggan XL, tersedia paket “XTRA Combo” yang disertai kuota YouTube selain kuota Data dasar, kuota 4G bonus, dan alokasi menit Any-Net. Bagi pelanggan yang membutuhkan prioritas pada konektivitas data, juga tersedia paket “Xtra Combo PRIMA” dengan benefit bonus yang sama namun dengan harga khusus.

Sementara itu bagi mereka yang membutuhkan layanan percakapan, telah diluncurkan kartu perdana “XL Super Ngobrol” yang menawarkan panggilan on-net gratis tanpa batas dan SMS untuk pelanggan baru. Bagi pelanggan AXIS yang didominasi kalangan anak muda, pada tahun 2017 lalu telah diluncurkan paket “AXIS HITZ” yang memberikan benefit berupa akses sepuasnya untuk menggunakan layanan percakapan WhatsApp, LINE, dan Blackberry Messenger.

Selanjutnya, untuk mempermudah pelanggan XL mendapatkan smartphone terbaru berbagai merek yang diinginkan, mereka bisa memanfaatkan program bundling dengan paket XTRA Combo. Program bandling ini memberikan manfaat kesempatan mendapatkan smartphone dengan harga yang lebih murah. Mekanismenya adalah, pelanggan akan mendapatkan cashback dari paket XTRA Combo yang ditawarkan dalam program ini.

Selanjutnya cashback itu bisa pelanggan pakai sebagai potongan harga pembelian smartphone yang diinginkan. Dengan begitu harga smartphone menjadi lebih murah. Sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian, XL Axiata juga meluncurkan inisiatif program sosial yang dipadukan dengan edukasi pemanfaatan layanan internet cepat dan data kepada kalangan pelajar.

Melalui program bernama “Gerakan Donasi Kuota” ini, untuk setiap pelanggan yang mengisi ulang paket Xtra Combo, XL Axiata akan memberikan donasi kuota dalam jumlah tertentu bagi pelajar di 5.000 sekolah setingkat SMA/SMK. Pencapaian kinerja perusahaan yang terus meningkat tersebut menunjukkan implementasi agenda transformasi yang dilakukan sudah berada pada jalur yang tepat.

Agenda Transformasi XL Axiata terdiri dari Revamp (Mengubah) – mengubah model bisnis pencapaian pelanggan (dari 'volume' menjadi 'value') disertai strategi distribusi serta perbaikan portofolio produk untuk meningkatkan pendapatan. Rise (Meningkatkan) – meningkatkan nilai brand XL dan menggunakan strategi dual-brand dengan AXIS untuk menyasar berbagai segmen pasar yang berbeda. Reinvent (Menemukan kembali) – menumbuhkan berbagai inovasi bisnis melampaui model bisnis yang digunakan saat ini.(2)