Prediksi Cuaca Riau Saat Gerhana Supermoon Malam ini

Ilustrasi-Peta-cuaca-Riau.jpg
(BMKG Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat di Riau mau tak mau harus menerima kenyataan tak bisa menikmati gerhana supermoon yang diprediski berlangsung sore hingga malam hari ini, Rabu, 31 Januari 2018.

Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memperkirakan peristiwa langka gerhana bulan super atau supermoon bisa dinikmati beberapa pulau di Indonesia. Wilayah itu di antaranya Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Baca juga: Fenomena Supermoon, Hanya Fase Ini Yang Bisa Tampak Di Riau

Sementara untuk Riau, menurut Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sukisno hanya bisa menikmati beberapa proses pembentukan gerhana.

"Yaitu fase mulai hingga fase sebagian. Semuanya itu bisa disaksikan pada pukul 17.49 WIB sampai 18.48 WIB," katanya dalam siaran pers, Selasa, 30 Januari 2018.

Tambahnya, fase pembentukan gerhana bulan atau Supermoon penuh itu dimulai dari gerhana mulai, sebagian mulai, total mulai, puncak gerhana, gerhana total berakhir, sebagian berakhir dan berakhir.


Wilayah lainnya senasib dengan Riau yang tak bisa menyaksikan secara penuh peristiwa langka itu seperti seluruh wilayah Sumatera dan sebagian pulau Jawa seperti Jawa Barat dan Tengah.

Selain karena tidak dilewati oleh jalurnya, kondisi langit diprediksi tak bersahabat, karena berpotensi turun hujan.

"Untuk prakiraan cuaca hari Ini 31 Januari 2018, Provinsi Riau dimalam hari diperkirakan akan cerah berawan," katanya, Rabu, 31 Januari 2018.

Selain itu, potensi hujan ringan akan terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan, sebagian Kota Pekanbaru dan Indragiri Hulu yang terjadi pada dini hari.

Gerhana total atau Supermoon merupakan peristiwa yang dapat diprediksi sebelumnya dimana terjadi ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke
bulan yang hanya terjadi pada saat bulan purnama. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id