Hari ini, RSUD Pekanbaru Soft Opening, Semua Pelayanan Gratis

Launching-RSUD-Madani-Pekanbaru.jpg
(Fatma Kumala)

Laporan: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meskipun pembangunan dan peralatan untuk operasional belum selesai 100 persen, soft opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Kota Pekanbaru tetap dilakukan hari ini, Jumat 26 Januari 2018.

Peresmian RSUD di Jalan Garuda Sakti KM 2, Kecamatan Tampan ini dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

"Alhamdulillah setelah proses pembangunan beberapa tahun yang lalu hari ini kita bisa mengoperasikan RSUD Madani Pekanbaru ini dengan pelayanan yang masih minimal. Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak, baik pemprov kemudian juga dinas-dina terkait di provinsi, dan juga pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan yang telah memberikan proses perizinan sehingga rumah sakit ini dapat beroperasi," terang Firdaus.

Dalam persemian hari ini, Firdaus menyebutkan semua pelayanan digratiskan untuk masyarakat. Ia ingin menjadikan rumah sakit ini untuk rumah care yang memperhatikan masyarakat khususnya masyarakat yang tidak mampu.

"Pelayanan gratis ada yang permanen, dan ada yang dibatasi waktunya. Tapi untuk awal ini semuanya gratis. Gratis karena masih promosi, kedua karena ini masih pelayanan-pelayanan dasar. Maka kita harapkan pelayanan dasar ini permanen untuk gratis," ujarnya lagi.

Ada beberapa pelayanan yang menbutuhkan pembiayaan. Untuk pelayanan ini, diusahakan semurah-murahnya agar lebih terjangkau masyarakat.


Selain itu, Firdaus memerintahkan agar pelayanan kesehatan dikejar sampai ke rumah masyarakat. Bahkan untuk orang tua yang sudah jompo, ia menyarankan akan lebih efektif bila dokter yang datang ke rumah masyarakat.

Diakui Firdaus, soft opening ini hari ini memang apa adanya. Namun, dalam perjalannya nanti, pihaknya segera untuk menyelesaikan, baik dalam fisik bangunan, maupun juga peralatan yang dibutuhkan, serta juga sistem pelayanan yang ingin diterapkan.

"Kalau sekarang ini kan belum nampak layar monitor untuk antri. Karena itu tadi, sebagian pengadaannya baru tahun ini. Maka ini masih sangat sederhana. Tapi insyaAllah, sebagaimana yang saya sebutkan," ungkapnya.

RSUD Madani Pekanbaru ini merupakan rumah sakit rujukan, sekaligus pelayanan. Firdaus mengatakan jika terdapat pasien yang dalam diagnosisnya butuh tindak lanjut dalam penanganan penyakitnya, pasien akan dikirim ke rujukan yang lebih tinggi.

"Maka itulah kita harapkan gunanya RSUD Arifin Ahmad sebagai rujukan yang tidak tertangani dirujukan-rujukan yang ada di kabupaten/kota. Nah kita selama ini dari puskesmas langsung ke rsud. Begitu juga kabupaten/kota, seharusnya bisa diselesaikan rumah sakit rujukan kabupaten/kota, tetapi tidak dilakukan itu, langsung ke RSUD Arifin Ahmad, makanya ya membludak, over capacity. Itu yang dibilang ibu menteri kesehatan yang lalu, ini jadi puskesmas besar. Artinya penanganan yang seperti itu tidak baik," jelas Firdaus

Hadirnya RSUD Madani Pekanbaru ini diharapkan Firdaus akan bisa membatu meringankan beban kerja di RSUD Arifin Ahmad. “Setidaknya warga kota pekanbaru merujuk kemari dulu. Kalau tak selesai disini, baru kesana," harapnya.

Namun, pada peresmian hari ini, tidak terlihat wakil walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Firdaus justru didampingi oleh Rusli Effendi yang merupakan wakilnya di pemilihan Gubernur Riau 2018 mendatang. Menurut Firdaus, Wakil Walikota Pekanbaru dan Sekda Kota Pekanbaru sedang dinas di luar kota. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id