Ada Kenaikan Elevasi, Begini Kondisi Waduk PLTA Pagi Ini

Pintu-Air-PLTA-Kotopanjang.jpg
(Rizal)

Laporan: RIZAL

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Adanya kenaikan elevasi setinggi 52 cm dari sebelumnya 80,32 Mdpl menjadi 80.84 Mdpl di Waduk PLTA Koto Panjang, Kamis, 4 Januari 2018 pagi ini, membuat Pengelola tetap membuka 3 Pintu Pelimpahan air (Spillway Gate), setinggi 30 cm.

"Sesuai hasil pengamatan kita dari pembukaan pintu spillway no 1, 3 dan 5 hari selasa, 02 Januari 2018 Pukul 13.00 WIB, ada kenaikan elevasi waduk setinggi 52 cm, dari 80,32 mdpl ke 80,84 mdpl," terang Manager Pusat Listrik Unit Waduk Koto Panjang Koto Panjang, M Rusdy.

Baca juga:

Waspada, Pintu Air PLTA Kotopanjang Dibuka Siang Ini


Waspada! Debit Air PLTA Koto Panjang Terus Meningkat

Ia menjelaskan berdasarkan pemantauan di seputaran Desa Gunung Malintang dan Desa Pangkalan yang merupakan daerah aliran Sungai Mahat, dan Desa Muara Paiti dan Desa Tanjung, Aliran Sungai Kampar kanan, tidak adanya kenaikan elevasi sungai yang akan berdampak besar terhadap kenaikan elevasi waduk.

"Atas pertimbangan ini, maka kami tetap mempertahankan bukaan spillway gate, 1,3 dan 5 setinggi 30 cm. Diharapkan outflow ini bisa mengimbangi inflow waduk, inflow rata-rata di 500-600 m3/detik, outflow turbin+outflow spillway rata-rata di 500 m3/detik kenaikan elevasi rata-rata 1 cm per 2 jam," jelasnya. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id