Bupati Azis Yakinkan KKP untuk Bangun Pabrik Ikan di Kampar

Bupati-Azis-ekspos-di-KKP.jpg
(Istimewa)

Laporan: RIZAL

RIAU ONLINE, JAKARTA - Bupati Kampar Azis Zaenal meyakinkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Jakarta agar segera membangun Pabrik Pengolahan Ikan Patin di Kabupaten Kampar, melalui ekspos hadapan Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2017.

Kedatangan Bupati Kampar Azis Zaenal dengan didampingi Kepala Dinas Perikanan Kampar Usman Amin, disambut di Ruang Rapat lantai 14 Gedung Mina Bahari, Jakarta. III Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Azis mengungkapkan bahwa pabrik ini sudah sejak lama didambakan oleh pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Kampar. Sebagai bentuk keseriusan Pemda Kampar, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya yang menjadi faktor pendukung. Seperti lahan, air, listrik, Insfrastruktur serta Kecukupan bahan baku Pabrik.

"Masyarakat sudah menunggu lama, ini adalah bukti keseriusan kami. Menjadikan Kampar sebagai target kementerian perikanan membuat kami lebih semangat untuk datang menunjukkan itikad baik kami serta keseriusan kami dalam mengharapkan bantuan dari kementerian untuk pembangunan ICS di Kampar," ungkap Azis.

Untuk itu Bupati mengharapkan kepada pihak kementerian agar program pembangunan pabrik ICS ini dapat terealisasi pada tahun 2018 ini.


Sementara itu Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan mengapresiasi keseriusan Pemda Kampar, ia juga menjelaskan Kementerian juga sudah memasukkan Kampar kedalam radar Ditjen dari tahun 2017.

"Kami Sangat mendukung rencana Kampar menyediakan lahan untuk pembangunan cold storage. Namun Kampar harus berkompetisi dengan kabupaten lainnya. Semua pertimbangan seperti lahan, listrik, air, lokasi serta ketersediaan pasokan bahan baku harus terjamin. Karena Kampar telah masuk dalam radar kami sejak tahun 2017," ungkap Nilanto.

Ikan patin nantinya akan dijadikan sebagai komoditas yang membangkitkan ekonomi masyarakat yang berusaha di bidang perikanan dan menjadi juara ikan air tawar Indonesia.

"Kami senang Pak Bupatinya datang langsung, ini sudah merupakan nilai tambah.Patin harus menjadi Champions juara ikan air tawar Indonesia," ungkap Nilanto. (1)

 Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id