Satu-satunya di Indonesia. Hanya di Pekanbaru, Ada Taman Median Jalan

Taman-Median-Jalan.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebentar lagi, Kota Pekanbaru akan memiliki Taman Median Jalan. Keberadaan Taman Median Jalan di Pekanbaru ini, hanya ada satu-satunya di Indonesia.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Senin 25 Desember 2017, proyek pembuatan taman median jalan tersebut sudah 80 persen mendekati sempurna. Para pekerjanya kini tengah disibukkan dengan menyiapkan serambi dan pot yang nantinya akan dipergunakan untuk mengisi tanaman hias.

Tulisannya yang besar dengan diberi warna hijau terpampang di ruas Jalan Tuanku Tambusai ujung. Keberadaan Taman Median Jalan ini terlihat jelas saat pengendara melewati Simpang SKA menuju Simpang Tugu Songket, persimpangan Jalan Arengka II.

Namun, nasib taman median Jalan Tuanku Tambusai yang sebentar lagi pengerjaannya akan rampung diperkirakan tidak akan bertahan lama.

Pengamat Tata Kota, Mardianto Manan mengatakan, Taman Median Jalan ini akan cepat rusak, sama seperti lampu Light Emitting Diode (LED) penghias pohon yang baru-baru ini terpasang menghias Kota Pekanbaru.

Lampu-lampu tersebut rusak dan dicuri oleh orang yang tak bertanggung jawab dengan cara menjebol pagar lampu hingga tak tersisa. Banyak yang kondisinya memprihatinkan seperti berada di Jalan Paus, Jalan Sumatera dan Jalan O.K M. Jamil.


"Itu sama saja dengan pengadaan lampu yang di bawah pohon itu, hilang. Nasibnya nanti akan sama seperti itu juga," katanya melalui sambungan telepon, Senin, 25 Desember 2017.

Karena akan cepat rusak, proyek pengadaan penghias jalanan itu tentunya akan sia-sia dan mubazir. Masih banyak pengerjaan lainnya yang masih cukup bermanfaat di tengah perkembangan Kota Pekanbaru yang semakin pesat ini.

"Mungkin ini zamanya selfie. Jadi dibuat identitas seperti itu. Mungkin saja akan ada lagi taman median lainnya seperti Jalan Jenderal Sudirman atau Jalan besar lainnya. Itu tidak apa-apa, hanya saja mubazir," imbuhnya.

Selain itu, fungsi sebagai pelindung dari terpaan panas dan hujan bagi pengendara roda dua maupun lebih tidak akan ada saat taman-taman itu akan selesai pengerjaannya.

"Setelah nantinya selesai. Fungsi hijaunya itu pasti tidak akan ada lagi. Tidak ada lagi pohon-pohon yang biasanya ada di sepanjang jalan," pungkasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id