Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi di Masjid Agung Annur, Ini Tausiah Ustadz Mawardi M. Saleh

Tabligh-Akbar.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Riau, Ustad Mawardi M. Saleh mengatakan, bahwa peringatan Nabi Muhammad merupakan cara untuk mengingat keteladanan seorang manusia yang tak ada bandingannya di atas dunia ini.

Akhlak yang begitu terpuji membuat Muhammad pantas dijadikan suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

"Ini merupakan peringatan kepada sosok manusia yang paling kita cintai. Mengenang dan mengingat sosok seseorang yang kehadirannya ditengah umat manusia," katanya saat mengisi Tabligh Akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad di Mesjid Agung Annur, Pekanbaru, Sabtu, 9 Desember 2017.

Nabi Muhammad yang lahir diatas dunia ini bahkan tak memiliki keistimewaan seperti nabi-nabi yang wajib untuk diteladani lainnya. Seperti Nabi Musa yang memiliki tongkat ajaib. Atau lahir tidak dari bulan yang disucikan oleh orang Arab.

Bahkan Nabi yang satu ini saat berperang juga pernah merasakan kekalahannya, yang tidur beralaskan jerami juga mengganjal perutnya menggunakan batu saat dirinya merasakan kelaparan.

Akhlak yang dicontohkannya juga sebelum mendapatkan wahyu di gua hira yang isinya berupa Iqra atau bacalah. Bahkan akhlaknya pun bertambah ketika menerima wahyu pertamanya itu.


Wahyu itu merupakan cikal-bakal munculnya peradaban Islam di seluruh dunia. 
Dengan ilmunya juga, dirinya menginspirasi ilmu pengetahuan kepada manusia akhir zaman.

"Maka tidak salah kalau di antara kita saat ditanya apa nikmat yang paling besar, maka jawabannya adalah dengan dihadirkannya rasul dan kita ditetapkan sebagai pengikutnya. Ini tidak bisa dinilai oleh sesuatu apapun oleh umat manusia," imbuhnya.

Untuk menyempurnakan akhlak manusia itu, dirinya bahkan memberikan contoh. Akhlaknya juga menobatkan dirinya sebagai Al-Amin atau orang yang dapat dipercaya.

Akhlak juga menuntunnya bahwa Islam yang diajarkan pada masanya itu bukanlah agama yang memaksa.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id