Pasien RSJ se-Indonesia Mengeluh Kepanasan, Gubri: Ini Aslinya Cuaca Pekanbaru

jambore-Kesehatan-VI.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Panas terik matahari tak menyurutkan acara Pekan Olahraga Kesenian Rehabilitasi Mental (Poskesmen), Jambore Kesehatan VI dan Munas Arsawakoi se-Indonesia di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Pekanbaru hari ini, Jumat, 20 Oktober 2017.

Meski demikian, peserta Poskesmen banyak yang mengeluhkan cuaca ektrim di Kota Bertuah ini. Banyak di antara mereka yang kegerahan, meskipun berada di bawah tenda berbahan tebal yang dilengkapi dengan kipas pendingin.

Menjawab keluhan peserta tentang panasnya kota Pekanbaru, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman sebutkan bahwa cuaca panas ini merupakan kondisi cuaca sesungguhnya dari kota Pekanbaru.

"Memang ini sungguh luar biasa panasnya. Cuaca seperti ini merupakan cuaca asli dari Pekanbaru," katanya di RSJ Tampan.

Ia menambahkan, sebelum acara dimulai, suasana lokasi belum seterik saat perhelatan berlangsung. Hujan beberapa kali sempat membasahi dan turun di lokasi.

"Sebelum Bu Menteri datang (Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek) datang, disini tadi ada hujan. Tapi setelah itu luar biasa panasnya. Semoga semuanya yang ada disini sehat-sehat saja,"imbuhnya.


Pada kesempatan yang berbeda, menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Kisno kondisi cuaca Provinsi Riau dari pagi hingga siang hari dalam kondisi cerah berawan dengan suhu udara dari 23.0 sampai 35.0 derajat celcius.

Sedangkan pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Riau seperti Kabupaten Rohil, Kota Dumai, dan Bengkalis.

Sementara itu, Poskesmen ini dihadiri oleh penghuni RSJ se-Indonesia dan Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek.

Tujuan acara ini untuk menghilangkan stigma negatif dari kehadiran pasien di RSJ dan meningkatkan persaudartaan antara orang gangguan jiwa dengan berbagai kegiatan. Seperti catur, bulutangkis, futsal, pentas seni daerah hingga senam masal.

Selain itu juga ada lomba kerohanian, pengembangan bakat, pameran hasil karya, acara ilmiah, workshop penerapan talkshow yang dihadiri langsung oleh 703 peserta RSJ se-Indonesia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id