Kartunis se-Riau akan Pamerkan Karyanya di Mal SKA

Sikari-taja-pameran-kartun.jpg
(Ridhatul Hayati)

Laporan: RIDHATUL HAYATI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para kartunis dari berbagai daerah di Riau akan menampilkan hasil karyanya dalam pameran bertajuk "Sketoon: Canda Benda Budaya" di Mal SKA, Pekanbaru. Pameran yang ditajak Sindikat Kartunis Riau (Sikari) ini akan berlangsung selama satu minggu, mulai Jumat, 20 Oktober 2017 hingga 26 Oktober 2017.

Ketua Panitia Pameran, Eko Faizin kepada RIAUONLINE.CO.ID menjelaskan, pameran kali ini didominasi kartunis-kartunis muda dan senior Riau. Sebagian besar kartunis Pekanbaru, beberapa dari luar Pekanbaru seperti Kuansing, Kepulauan Meranti dan Kampar. Selain itu juga turut serta satu kartunis undangan dari Jakarta.

Melalui pameran ini, para kartunis ini berharap mampu menyentuh generasi muda lain untuk lebih peduli dengan benda budaya dan tradisi di Riau, seperti tema pada pameran ini.

"Kami sangat gembira, karena sebagian besar peserta pameran adalah anak muda," jelas ketua Sikari, Furqon Elwe saat jumpa pers di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji Pekanbaru, Kamis, 19 Oktober 2017.

Dijelaskan, pameran kartun ini merupakan bagian dari iven tahunan Sikari sekaligus kegiatan utama dari Pekanbaru Bandar Kartun Festival (PBKF) VI. Pameran kartun ini difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui program Fasilitasi Kegiatan Kesenian (FKK) 2017.

Adapun tema Benda Budaya dipilih Sikari sebagai salah satu pilihan tema yang menjadi persyaratan untuk Kemendikbud RI. Sekaligus juga sudah menjadi azam Sikari sebagai komunitas yang lahir dan tumbuh di Riau, mengingat Objek-objek gambar kartun pada warisan budaya di Riau yang jumlahnya ternyata ribuan.


"Warisan budaya, benda maupun tak benda, sekarang menjadi perhatian pemerintah provinsi Riau untuk disertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional. Di Pekanbaru saja, ada sekitar 42 Cagar Budaya yang diinventarisir dan sedikit masyarakat yang tahu, belum lagi di daerah lain," katanya.

Pameran akan dimulai pada Jumat, 20 Oktober 2017 besok dan rencananya akan dibuka oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

"Kami mengundang Gubernur Riau, Kepala Dinas Kebudayaan Riau dan peninjau dari Kemendikbud RI," kata Furqon.

Untuk menyemarakkan acara, Sikari akan menampilkan pertunjukan Musictoon (visualisasi musik menjadi kartun). Pentas Musictoon akan dipersembahkan oleh musik Muaro Bunyi Rimbang Baling yang akan divisualkan oleh kartupos Donny Adam.

Seperti pada iven-iven PBKF sebelumnya, selama pameran juga akan diadakan kegiatan pendamping. Kegiatan pendamping biasanya berupa pelatihan, lomba maupun kegiatan live on the spot.

"Tahun ini, pelatihan sudah kami lakukan pada Mei lalu, berupa diskusi tentang warisan budaya Riau dengan narasumber Kadis Kebudayaan Riau Serial Zein. Selama pameran nanti, ada kegiatan pendamping lain seperti Ngomik Bersama, tur edukasi sekolah undangan hingga live carrucature on the spot," tambah ketua panitia Eko Faizin.

Sebagai informasi, Sketoon berarti sketch cartoon. Yakni sebuah konsep yang memadukan gambar sketsa dan memasukkan unsur kartunal dalam karya. Kartunal bisa berbentuk gaya (style) gambarnya, atau kartunal dalam pesan yang ditambahkan pada karya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id