Sistem Perwakafan di Riau Perlu Dioptimalkan

Global-Waqf-Conference-2017.jpg
(Nanda Fadilla)

Laporan: NANDA FADILLA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masih banyaknya aset-aset wakaf yang tidak diberdayakan dengan baik menjadi salah satu faktor perwakafan di Indonesia terkesan belum optimal. Termasuk perwakafan di Provinsi Riau.

Untuk lebih mengoptimalkan sistem wakaf di Riau, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Akademi Perbankan Riau taja Global Waqf Conference 2017 yang ke lima dengan mengangkat tema Global Waqaf Gateway: Bridging The Waqf Agenda For Nusantara.

Acara yang ditaja di Ballroom Hotel Premier, Pekanbaru, Senin, 16 Oktober 2017 ini dihadiri oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliabdi Rachman yang diwakili Asisten II, Masperi.

Dalam sambutannya, Gubri menyampaikan wakaf merupakan pranata keagamaan dalam islam yang memiliki hubungan langsung secara fungsional yang berupaya memecahkan masalah-masalah sosial dan kemanusiaan seperti pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat. Sepanjang sejarah islam wakaf telah berperan penting dalam mengembangkan kegiatan kegiatan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat islam.

"Dalam hal pengelolaan wakaf itu sangat berperan penting untuk memaksimalkan hasil wakaf, jika wakaf dikelola secara profesional maka akan menjadi institusi keislaman yang berpotensial," tambahnya.


"Semoga melalui konferensi ini akan dapat menemui pemikiran atau ide baru dalam pengembangan pengelolaan wakaf secara global sehingga dapat mengatasi problem kemiskinan, mewujudkan kesejahteraan sosial, dan membantu merangsang perkembangan ekonomi umat," pesannya.

Sementara itu, Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi juga mengatakan Wakaf di Riau ini menjadi Wakaf yang Produktif, yang bisa memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakatnya dan tentunya keimanan dan ketakwaan masyarakat juga semakin kuat.

"Wakaf tidak dijadikan sebagai tabungan amal saja, tetapi kami juga berupaya pengelolaan wakaf dapat berjalan dengan baik dan memberikan harapan bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat," katanya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id