HUT ke-72, ini Perang Terberat yang Dihadapi TNI Masa Kini

HUT-TNI-ke-72.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Staf Korem (Kasrem) 031/Wirabima, Kolonel Czi I Nyoman Parawata mengatakan bahwa tugas terberat yang kini diemban oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) di masa sekarang bukan lagi berbentuk peperangan fisik.

Justru tugas terberat saat ini adalah peperangan non militer.

"TNI sesuai Undang-Undang nomor 34 melaksanakan tugas militer perang dan selain peperangan. Kalau dihadapkan, tantangan kedepan yang terberat itu ialah nir-militer,"katanya usai perayaan HUT TNI ke-72 Kamis, 5 Oktober 2017.

Baca Juga!

Fly Pass Tiga Pesawat Hawk Meriahkan HUT TNI Ke 72 Di Pekanbaru

Terjebak Macet, Presiden Jokowi Jalan Kaki 3 Km Ke Lokasi HUT TNI Ke-72


Tambahnya, bahwa untuk peperangan langsung antar negara atau kelompok untuk saat ini sangat jarang terjadi. Untuk itu, tulang punggung dari negara NKRI ini berkosentrasi meredam dan mengantisipasi peperangan bukan militer.

"Kalau dihadapkan dengan operasi militer dan peperang tantangan itu sangat kecil kemungkinannya sangat terjadi untuk saat ini. Justru yang menghawatirkan itu yang bukan perang"imbuhnya.

Peperangan non militer itu seperti perang terhadap narkoba, terorisme, proxy dan kegiatan yang berdampak menganggu kesejahteraan masyarakat.

Puncak peringatan HUT TNI ke-72 di Pekanbaru dipusatkan di Jalan Gadjah Mada pagi tadi. Upacara dimulai sejak pukul 07.30 hingga 08.40 WIB.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id