Ratusan Kamabigus Ikuti Renungan Ulang Janji Pramuka

Hari-Pramuka-2017.jpg
(http://www.riauonline.co.id/foto/bank/images/Upacara-Pramuka-di-UIN.jpg)

RIAU ONLINE, Siak - Sebanyak 10 Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Pramuka Siak berjalan tegap dengan membawa obor di tangan. Satu per satu, mereka menyalakan obor yang melambangkan 10 (sepuluh) api Dasadharma Pramuka.

Kemudian dilanjutkan pembacaan renungan dan ulang janji yang dipimpin oleh Ka Kwarcab, Wakil Bupati Siak Alfedri.

Prosesi ini merupakan bagian dari Upacara Renungan Ulang Janji menjelang Peringatan Hari Pramuka Ke – 56 di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara, Siak pada Minggu, 13 Agustus 2017 malam. Acara diikuti sekitar 395 Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) se Kabupaten Siak.

Adapun renungan dan ulang janji dipandu oleh Wakil Bupati Siak Alfedri, selaku Ketua Kwarcab Siak dan dihadiri sejumlah petinggi Kwarcab, Mabiran dan Perwakilan SAKA.

Acara dimulai sekitar Pukul 22.00 WIB malam menjelang hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2017 dengan saling memberi hormat yang dipimpin oleh Pemimpin Upacara renungan kepada Pembina Ulang Janji.

Baca juga!


Mantap! Gerakan Pramuka Riau Pecahkah Rekor Muri

Tujuh Siswa Pramuka Peserta Perti Tumbang Saat Upacara

Dalam sambutannya, Wabup Alfedri mengajak kepada peserta upacara renungan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan.

"Setelah kita renungkan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila," ujarnya.

"Marilah kita pegang Sang Merah Putih yang ada di pundak kita, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak, kita akan selalu ingat, bahwa dipundak kita, dipercayakan tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan janji Pramuka Indonesia, Tri Satya," lanjut Alfredi.

Wabup menerangkan prestasi bukanlah menjadi tujuan, tetapi bagaimana kita berbuat untuk menyiapkan generasi bangsa yang berkarakter, berani dan berjiwa besar. Sehingga dapat diandalkan dan diharapkan menjadi orang yang memiliki makna dan arti bagi bangsa dan negara, serta memberikan pengaruh yang positif bagi lingkungan sekitarnya.

Saat ini Kwarda Riau berada di posisi ke tiga dari 34 propinsi terkait pengisian data dasar secara online. Dan sebanyak 85% data tersebut berasal dari Kwarcab Siak.

Untuk di Riau lanjut Wabup, yang pertama sekali yang sudah melaksanakan akreditasi untuk gugug depan adalah Kwarcab Siak. Dari 417 jumlah pangkalan, sebanyak 393 sudah dilakukan visitasi akreditasi. Artinya di Siak sudah 95% Gudepnya terakreditasi.

"Sertifikasinya sedang diproses dari Kwarnas dan ini pertama di Riau, tentunya ini prestasi yang luar biasa," pungkas Wabup.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline