Catat, Kloter Pertama Haji Riau Berangkat 31 Juli 2017

Kantor-Kanwil-Kemenag-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Asril, mengatakan, bertambahnya kuota jamaah haji Riau 2017 semula Januari lalu hanya sekitar 5.010, kini bertambah menjadi 5.030. Penambahan ini akibat adanya penambahan diberikan negara.

"Bertambahnya itu karena dari Kemenag memberikan total 10 ribu seluruh Indonesia dan memberikannya kepada 33 provinsi sesuai porsi wilayah masing-masing. Makanya bertambah 20 orang lagi dari yang semula," kata Asril, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 12 Juli 2017.

Sebelumnya, semenjak 2013 hingga 2016, kuota haji se-Indonesia dipotong 20 persen ‎dari 5.010 menjadi 4.008 oleh pemerintah Arab Saudi. Tahun 2017 ini, kuota 20 persen tersebut dikembalikan dan diberikan tambahan lagi sebanyak 10 ribu.

Baca Juga: Ini Persamaan Dan Perbedaan Haji Plus Dan Reguler


 

Selain itu, Kementerian Agama Riau juga akan akan memberangkatkan petugas lainnya, seperti petugas kloter hingga pembimbing ibadah haji dengan jumlah total keseluruhan 5.129 orang.

"Untuk awalnya, kami akan memberangkatkan jamaah pada 31 Juli 2017 dengan kloter pertamanya melalui Embarkasi Batam hingga 12 kloter total Riau," imbuhnya.

Sementara itu, untuk persiapan administrasi, Kemenag Riau sudah menyiapkan segala sesuatunya dan sudah merampungkannya. Con tohnya, paspor, buku kesehatan, buku manasik, koper jamaah hingga seragam.

"Terpenting semua persyaratan sudah siap. Untuk paspor semuanya sudah berada di Jakarta karena akan dilakukan pemisahaan untuk 4 kloter. Tinggal masing-masing jamaah mempersiapkan diri menuju rumah Allah," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline