Syamsuar: Pemkab Siak Bersama PT Pelindo Siapkan 13 Bus Gratis Mudik

Wagub-dan-Syamsuar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bupati Siak Syamsuar mengikuti Rapat Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran terpadu tahun 2017 1438 H di Provinsi Riau. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Kamis, 15 Juni 2017, di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau.

Rapat ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Kadishub Riau Arlizman Agus dan Bupati Siak, Syamsuar serta bupati/walikota se Provinsi Riau.

Untuk di ketahui, dalam rapat terbuka ini, Pemerintah Provinsi Riau membahas kesiapan angkutan lebaran, perbaikan jalan hingga ketersediaan listrik.

Baca Juga: Pemudik Hati-Hati, Ini 26 Titik Rawan Kecelakaan di Riau

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengatakan, dalam rangka menanggulangi kesibukan kegiatan lalu lintas pada H -7 diharapkan perlunya penjagaan di berapa titik, baik dari Dinas Perhubungan maupun dari kepolisian, sehingga daerah rawan di jalur lalu lintas yang di lewati bisa ditanggulangi dengan baik.

“Untuk perlu diketahui, dari Dinas PU Pusat, memang jalan jalan yang mana rusak berat tolong dibantu, yang terpenting keselamatan dari pada seluruh masyarakat yang akan mudik nantinya. Tentu, kegiatan balek kampong ini telah dilaksanakan setiap tahun, sehingga mereka pergi sebaik-baiknya dengan mencapai tujuan yang baik, maka berhasilah tugas kita bersama untuk melayani masyarakat apabila mereka kembali dengan keadaan baik dan selamat," ujar Wan Thamrin.


Selain itu, pada kesempatan rapat tersebut, Syamsuar memaparkan tentang ruas kondisi jalan yang ada di lintasan Kabupaten Siak. Menurut Syamsuar, untuk kondisi wilayah jalan di Siak saat ini sebagian besar sudah cukup baik dari sebelumnya, ruas jalan di simpang bakal sudah ada perbaikan di setiap ruas jalan, tentunya saat ini sudah sangat baik, diharapkan tidak seperti kondisi sebelumnya.

Klik Juga: Pemprov Riau Lakukan Perbaikan Jalan Rusak Jelang H-7 Idul Fitri

Syamsuar juga menyampaikan antara perbatasan Siak dengan Bengkalis yaitu jalan Nasional dengan perbatasan jembatan Semunai, masih ada yang berlobang, sehingga perlu bantuan dari DPU Pusat supaya dengan cepat diselesaikan. "Apalagi penumpang dari Riau menuju Sumatera Utara melalui jalan tersebut," kata Syamsuar.

“ini lah barang kali yang perlung dicermati, dan Alhamdulillah ada inovasi dari Kapolres Siak untuk jalan malam akan diikuti pengawalan oleh pihak polisi yang dimulai perbatasan dari Minas menuju Kandis. Begitu juga sebaliknya sehingga seandainya terjadi sesuatu hal bisa langsung cepat ditanggapi,” lanjutnya.

Selain itu, Syamsuar menyebutkan tahun ini Pemerintah Kabupaten Siak bersama PT Pelindo menggelar Bus Gratis dengan 13 armada, yakni 6 di Perawang dan siapkan di dua kecamatan dengan penduduk terbesar berada di Kecamatan Tualang, Perawang. Selanjutnya, 7 bus disediakan untuk Kecamtan Kandis.

Lihat Juga: Polda Riau Siagakan Polisi Bersenapan di 47 Pos Saat Arus Mudik dan Idul Fitri

Sementara, keberangkatan mudik Bus Gratis ini dengan masing-masing daerah menuju Sumatera Utara akan dilakukan pada 20 Juni 2017.

“Tentunya ini dalam rangka untuk warga kita yang tidak memiliki kemampuan untuk bisa berangkat dengan nyaman untuk pulang kampungnya. Dan saat ini sudah melebihi kapasitas," pungkasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline