Keren... Di Sini Ada Robocop Sungguhan Patroli

Polisi-Robocop-di-Dubai.jpg
(GETTY IMAGE/AFP/G. CACACE)

RIAU ONLINE - Kini Robocop tak lagi sekedar tokoh fiksi. Di Dubai Robocop hidup berpatroli sebagai polisi robot pertama. Bukan hanya berpatroli, polisi robot bahkan dilibatkan dalam mengumpulkan barang bukti hingga proses identifikasi kejahatan.

Robocop juga berseragam polisi Dubai, bahkan mampu menjabat tangan dan memberi hormat militer. Namun, Robocop tidak membawa senjata api. Pemerintah berencana memanfaatkan teknologi untuk memperbaiki layanan dan keamanan jelang Expo 2020 di Dubai.

Masyarakat juga bisa berbicara dengan Robocop, sebab di robot ini telah dilengkapi dengan kamera dan software pengenalan wajah. Dengan demikian, masyarakat bisa melaporkan kasus kejahatan atau berkomunikasi dengan komputer touch screen yang ada di bagian dada robot.

Baca Juga: Jika Diadu, Siapa Bakal Menang, Rossi Atau Robot Bernama Motobot Ini?


Robot yang telah bergabung dengan kesatuan polisi di Dubai ini akan berpatroli di kawasan padat kota sebagai bagian dari program pemerintah yang bertujuan menggantikan polisi manusia dengan mesin. Jika eksperimen ini berhasil, Robocop akan menggantikan 25 persen kesatuan patroli kepolisian Dubai hingga 2030.

Dilansir dari DW.COM, robot ini diluncurkan pertama kali pada 2011 oleh PAL Robotics yang bermarkas di Barcelona. Robocop adalah REEM, robot humanoid yang bisa berbicara dan mengerti beberapa bahasa.
Polisi robot telah diuji coba di Mal Dubai dan Gulf Information Security Expo & Conference.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline