Lihat, Serunya Anak-anak TK Panen Sayuran Sendiri

Anak-TK-Panen-Sayur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) Yayasan Ardha Garini Angkasa milik Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) diperkenalkan pendidikan berbasis pengetahuan alam.

Pengetahuan alam itu seperti mengenal macam-macam tanaman di antaranya sayur-sayuran serta bermain bersama di mata air irigasi yang terdapat di lokasi.

"Sebenarnya program yang baru berjalan selama 5-6 bulan ini lebih menitikberatkan kepada perkenalan anak-anak kembali ke alam," kata Ketua Yayasan, Santi Hendri Alfiandi di lahan pertanian Lanud Rsn, Selasa, 11 April 2017.

Anak yang selama ini hanya mengenal teknologi seperti gadget, internet diharapkan dengan pengetahuan dasar alam ini anak-anak mampu menyerap ilmu tambahan selain dari perkembangan teknologi yang selama ini mereka rasakan.

Menurut Santi, pengetahuan ini juga memberikan resapan tersendiri bagi anak karena bagaimanapun juga ilmu ini secara tidak langsung mengajarkan pentingnya mengkonsumsi sayuran yang sebagian besar anak-anak sangat tidak suka menyantapnya.


"Anak-anak ini juga diajarkan untuk gemar memakan sayur-sayuran, tahu proses penanamannya bahwa pentingnya proses awal tanaman itu sampai sampai jadi dan siap dimakan," ujarnya.‎

RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, usai memanen sayur kangkung yang baru berusia 21 hari, anak-anak diajarkan memanen sayuran bayam dan bergegas mencuci tangan bersama di mata air irigasi.

RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Sebagian besar dari murid menyempatkan diri untuk mandi karena selain airnya yang jernih juga kedalamannya hanya semata kaki orang dewasa.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline