Ini Dia Pesawat Airbus CN-245 Karya Tangan Anak Negeri

AIRBUS-A380.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan Airbus membangun beberapa pesawat baru dengan tipe CN. CN-235 dan CN-295 difungsikan untuk penerbangan militer dan sipil. Sedangkan CN-245 akan difungsikan untuk penerbangan komesil.

Direktur Utama PT DI Budi Santoso mengatakan para teknisi dan insyinyur tengah merampungkan design CN-245. Diharapkan pesawat varian terbaru dari Airbus ini bisa terbang perdana pada 2018.

"Ini murni yang mendesign kita, engineer-engineer kita semua yang memproduksi pesawat ini. Nantinya Airbus hanya bantu sertifikasinya," kata Budi, dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 25 Januari 2017.

Baca Juga: Hebat, 7 Pesawat Dan Helikopter Buatan Anak Negeri Ini Jadi Incaran Dunia

Airbus harus mendaftarkan varian terbarunya itu ke European Aviation Safety Agency‎ (EASA) untuk merndapatkan sertifikasi agar CN-245 bisa terbang.


Menurut Budi, pesawat berkapasitas 50 orang penumpang ini akan dikerjakan oleh engineer yang sebelumnya mengerjakan proyek N-219. Sementara, proyek N-29 akan rampung pada pertengahan 2017.

Pesawat Airbus CN-245 (LIPUTAN6.COM)

Budi menilai pesawat jenis ini sangat cocok dengan kondisi grafis Indonesia yang penuh dengan kepulauan. Saat ini, penerbangan jarak pendek dilayani oleh pesawat ATR.

"Kita tidak akan bersiang dengan pesawat-pesawat besarnya Airbus atau Boeing, karena kita tahu diri, kita hanya burung pelatuk, jangan berkelahi sama gajah," tegas Budi.

Klik Juga: Bukan Aceh, Kaum Ibu Minanglah Pertama Kali Beli Pesawat Untuk Indonesia

CN-245 adalah pengembangan lebih lanjut dari CN-235, perbedaan utamanya terdapat pada mesin, T Tail Shape, dan removing ramp door. Pesawat ini akan menyaingi ATR 42-600 yang berkapasitas 40 penumpang.

Flight Deck CN-245 mengadopsi kaca kokpit sistem teknologi canggih dengan kenyamanan yang tinggi untuk pilot dan co-pilot. Oleh karena itu, akan menjamin keselamatan penerbangan dan efisiensi operasi.‎

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline