Ingin Jadi Pembaca Berita Handal? Yuk, Simak Tips Pembaca Berita CNN Indonesia Ini

Prabu-Revolusi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - News anchor atau pembaca berita terkenal dari CNN Indonesia membagikan pengalamannya dalam menggeluti dunia jurnalistik kepada masyarakat Pekanbaru.

 

Menurut Prabu, reporter merupakan dunia yang penuh dengan ketidakpastian yang dan hal tersebut yang membuatnya menyukai profesi ini.

 

"Dunia yang saya geluti ini merupakan dunia yang penuh dengan ketidakpastian. Karena apa, bisa saja saya hari ini mewawancarai presiden, besok tukang becak dan seterusnya saya tidak tahu, dan itu yang membuat seorang news anchor itu hidup," ucapnya di Perpustakan Soeman H.S, Minggu, 20 November 2016.

 


Selama ia menjalankan pekerjaannya itu, Prabu mengaku tidak pernah mengejar popularitas. "Jadi selama saya bertugas, saya tidak pernah mengejar yang namanya popularitas. saya tekankan bahwa karir jurnalis itu yang harus ditingkatkan. Seorang news anchor hebat itu berawal dari karya jurnalistiknya," tegasnya.

 

Jika sudah memiliki jiwa jurnalistik, menurutnya poin selanjutnya untuk menjadi seorang pembaca berita itu ialah harus yang memiliki tutur kata pembicaraan yang bagus.

 

"Nah, di poin ini seorang news anchor itu harus memiliki artikulasi berbicara yang bagus, kemampuan berbicaranya terstruktur, rapi, dalam dan ini tidak bisa di turunkan, ini membutuhkan latihan," imbuhnya.

Setelah memiliki hal itu, calon pembaca berita harus bisa tampil baik di depan kamera. Tampil baik itu menurutnya bukanlah seperti model yang harus cantik dan tampan.

 

"Tetapi seorang news ancher itu harus punya karakter di depan kamera dan perbedaan itu yang dibutuhkan, bisa saja punya wajah kayak model tapi tidak punya karakter untuk news anchor sama saja tidak akan dipakai," tandsnya.

 

Terakhir, kata dia, calon news anchor harus memiliki kemampuan berbicara secara live, kemampuan menulis yang baik dan netral terhadap pemberitaan yang disajikan.

 

"Kalau yang terakhir ini mereka yang ingin menggeluti dunia ini harus memiliki stamina yang bagus, stanby 24 jam, dan tidak ada kata-kata tidak bisa," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline