Saksi Ahli: KPU Terlalu Dini Putuskan SUA Tak Penuhi Syarat Kesehatan

Bahrun-Azmi-Bersaksi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pada musyawarah keempat, Saksi ahli tim pasangan calon Destrayani Bibra dan Said Usman Abdullah (SUA) dari Universitas Lancang Kuning (Unilak), Bahrun Azmi menilai bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlalu terburu-buru dalam memutuskan bahwa Said Usman Abdullah (SUA) yang merupakan pasangan bakal calon Walikota Pekanbaru, Dastrayani Bibra tak memenuhi syarat kesehatan untuk menjadi calon wakil walikota Pekanbaru pada Pilkada serentak Februari 2017 mendatang.

 

"Tiba-tiba, itu ada keputusan bahwa SUA dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU, makanya putusan dari KPU itu terlalu pagi. Tapi pada prinsipnya itu kan bisa di perbaiki," ucapnya usai memberikan kesaksian, Selasa, 1 September 2016.

 


Menurut dosen Unilak ini, KPU memang memiliki kekuasaan yang tidak boleh didikte oleh kekuasaan lain, namun kekuasaan itu itu memiliki keterbatasan.

Baca Juga: KPU Pekanbaru Tak Bergeming Atas Gugatan Said Usman

 

"Determinasi yang lain itu kewenangan dari pihak lain, misalnya adalah tim kesehatan. Jadi salah kalau satu pihak ini menafsirkan kewenangan yang ada di pihak lain. Kalau membatalkan tidak memenuhi syarat itu memang kewenangan dari KPU tapi atas dasar dari tim kesehatan yang menyatakan jelas-jelas bahwa SUA disabilitas tapi bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk lebih lanjutnya kami akan melakukan pemeriksaan, lebih lanjut kan kata dokter," imbuhnya.

 

Bahrun mengatakan hasil yang diberikan pihak kesehatan terhadap SUA seharusnya ditanyakan kembali kepada tim kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

 

"Jadi KPU itu seharusnya membalikkan jawaban dari dokter. Kalau dengan disabilitas pekerjaan dari SUA ini seperti ini. Terus dokter mengatakan 'ooo tidak boleh' kata dokter. Di sana KPU baru bisa mengambil keputusan bahwa SUA tidak memenuhi syarat. Yang cacat saja bisa kok," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline