Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Kampar

Ilustrasi-Rumah-Rusak.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Angin puting beliung merusak puluhan rumah di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu, 19 Oktober 2016, dini hari.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan berdasarkan pendataan sekitar 65 rumah mengalami rusak, diantaranya 15 rumah terindifikasi rumah berat. Sementara 50 rumah lainnya rusak ringan.

 

Namun, Edwar memastikan tidak terdapat korban jiwa akibat peristiwa ini. Ia menjelaskan, peristiwa angin kencang itu berlangsung sekitar 20 menit pada pukul 01.30 WIB dini hari tadi. Akibat peristiwa itu, sebanyak 15 rumah mengalami rusak berat dengan kondisi atap yang beterbangan.

 

"15 rumah itu hanya tinggal dinding saja. Seluruh atapnya beterbangan," ujarnya dikutip dari Okezone, Rabu, 19 Oktober 2016.

Baca Juga: Ditinggal Ke Kebun, Dua Rumah Warga Inhil Habis Dilahap Si Jago Merah

 


Sementara sekitar 50 rumah lainnya mengalami rusak ringan dengan kondisi atap yang juga beterbangan, meski tidak separah 15 rumah lainnya.

 

Dia mengatakan, petugas gabungan TNI, Polri dan BPBD setempat mulai memberikan bantuan kepada ratusan warga yang rumahnya mengalami rusak berat tersebut.

 

Salah satu rumah milik warga, Yusamri, mengalami rusak berat. Yusamri menjabarkan, peristiwa itu diawali dengan suara gemuruh yang menurutnya sangat menakutkan.

 

"Saat itu saya dan anak saya berada di dalam rumah. Tiba-tiba terdengar suara angin kencang seperti mesin pesawat," ujarnya.

Klik Juga: Hujan Merata Diperkirakan Guyur Wilayah Riau Pagi dan Malam

 

Tidak lama kemudian, angin kencang disertai hujan itu menerbangkan satu per satu atap rumah hingga seluruhnya hilang. Lalu, ia ke luar rumah mencari tempat berlindung. "Ini merupakan peristiwa paling mengerikan yang pernah saya alami," ujarnya.

 

Sementara itu, hingga saat ini puluhan personel TNI sedari pagi telah berada di lokasi membantu warga membersihkan puing-puing bangunan yang rusak.

 

Di lokasi juga terlihat ratusan pohon berukuran besar tumbang yang bahkan beberapa di antaranya tercabut akarnya. TNI dan warga yang dibantu sejumlah polisi masih melakukan pembersihan dan menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline