Peringatan HUT Ke-71 Indonesia di Pelalawan Berlangsung Khidmat

Hormat-Bendera.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Upacara Peringatan HUT Ke-71 RI di Kabupaten Pelalawan, berlangsung lancar dan khidmat. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Bupati Pelalawan, HM Harris, dengan komandan upacara Iptu Deny Indrawan Lubis SIk di lapangan Sepakbola Pangkalankerinci, Rabu, 17 Agustus 2016.

 

Seluruh peserta upacara terlihat penuh perhatian dan fokus mengikuti rangkaian kegiatan upacara, meski ada sejumlah siswa pingsan akibat teriknya matahari pagi.

 

Saat detik-detik penyerahan Sang Saka pada Paskibraka diambil dari putra-putri terbaik Kabupaten Pelalawan. Bupati Pelalawan, M Harris mencium bendera duplikat sebelum menyerahkannya kepada petugas Paskibraka.

 

Tampak hadir dalam upacara, Pimpinan DPRD Pelalawan Suprianto, Sekretaris Daerah Pelalawan Drs HT Mukhlis, Ketua PN Pelalawan, Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo Sik, Kejari, para pejuang kemerdekaan RI, para pejabat, tokoh masyarakat, pemuda dan ratusan warga masyarakat Pangkalankerinci.

 

Peringatan detik-detik bersejarah ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Pelalawan Suprianto usai sirine dibunyikan selama beberapa menit.

 

Para peserta diikuti berbagai unsur kesatuan TNI, unsur Polres Pelalawan, Barisan Generasi Muda, KORPRI, OKP/ORMAS, Pramuka, Mahasiswa-mahasiswi serta Karyawan AKNP, para pelajar SMA, SMP dan SD begitu khidmat mengikuti jalannya upacara.

 

Usai acara pokok peringatan detik-detik Proklamasi dan pengibaran bendera merah putih oleh Barisan Paskibraka kabupaten, acara HUT Ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016 tingkat Kabupaten Pelalawan ini dilanjutkan dengan acara syukuran dan temu ramah dengan para veteran, tokoh masyarakat serta antar generasi yang dilaksanakan di Gedung Seminai Komplek Kantor Bupati Pelalawan.

 

Pada acara temu ramah, Bupati Pelalawan Harris didampingi Wakil Ketua DPRD Pelalawan Suprianto SH dan pejabat Pemkab Pelalawan lainnya menyerahkan bingkisan kepada para veteran dan pejuang kemerdekaan RI. Pemberian penghargaan kepada warga masyarakat yang dinilai telah berpartisipasi aktif membangun daerah Pelalawan.

 

Sebelumnya, tepat pukul 00.00 WIB memasuki tanggal 17 Agustus 2016, digelar Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Setia Negara Pangkalankerinci guna mengenang jasa arwah para pejuang bangsa ini. Bertindak sebagai inspektur upacara Danramil Kapten Untung, Wakapolres Suparman, SIk, MSi.

 

Pada apel tersebut dilakukan penghormatan kepada arwah pahlawan guna mengenang jasa-jasa mereka. Penghormatan dikomandoi komandan upacara. Pada acara tersebut juga dilakukan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara.


 

Suasana haru sangat terasa meliputi, ketika seluruh lampu dimatikan, kecuali obor yang dipersiapkan, kemudian diikuti penanda tanganan naskah apel.

 

Setelah dilakukan penandatanganan naskah diikuti dengan mengheningkan cipta. Para peserta larut dalam suasana Hening. Acara ditutup dengan pembacaan doa dan penghormatan terakhir pada arwah pahlawan. Bupati HM. Harris turut hadir pada acara Renungan Suci tersebut. Selain itu, sejumlah forkominda dan sejumlah pejabat di lingkunga Pemda Pelalawan turut hadir pada acara ini. (Adv)

 

Renungan Suci

Dandim 0313 KPR membacakan sambutan saat acara renungan suci jelang HUT Kemerdekaan RI ke 71 di TMP Setia Negara, Pangkalankerinci. 

 

Heningkan Cipta

 Bupati dan Wabup Pelalawan Drs H Zardewan MM mengheningkan cipta saat prosesi renungan suci di TMP Setia Negara, Pangkalankerinci.

 

Upacara HUT Ke-71 Kemerdekaan Indonesia

Bupati Pelalawan HM Harris dan Wabup Pelalawan Drs H Zardewan beserta unsur forkompinda Pelalawan tiba di lapangan upacara untuk mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI ke-71.

 

Penyerahan Bendera Merah Putih

Inspektur upacara menyerahkan bendera sang saka merah putih untuk dikibarkan.

 

Merah Putih Siap Dikibarkan

SANG saka merah putih siap dikibarkan di HUT Kemerdekaan RI ke 71.

 

Bupati Foto Bersama dengan Forkopinda Pelalawan

BUPATI dan Wabup Pelalawan foto bersama dengan unsur forkopimda Pelalawan.

 

Bupati Pelalawan Berikan Sambutan

 BUPATI Pelalawan, HM Harris memberikan sambutan pada malam resepsi kenegaraan.

 

Berikan Ucapan pada Paskibraka

BUPATI Pelalawan, HM Harris memberikan ucapan pada Paskibraka Kabupaten Pelalawan.

 

Foto Bersama dengan Pemenang Lomba

BUPATI dan Wabup Pelalawan foto bersama dengan para pemenang Lomba kebersihan pasar.

 

Foto-foto: Humas Pemkab Pelalawan

Narasi: www.riauonline.co.id