Inilah Perbedaan Serum Asli dan Palsu

Serum-Palsu-BPOM.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Seksi Pemeriksaan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Riau, Veramika Ginting, menjelaskan perbedaan serum palsu dan serum asli.

 

Menurut Veramika, dilihat sekilas model serum palsu dan serum asli terlihat sama namun jika dilihat secara detil ada beberapa bagian yang ganjil.

 


‎"Kalau dilihat samar-samar memang modelnya sama tapi kalau diseksamati ada beberapa bagian yang ganjil," ucapnya Rabu, 3 Juli 2016.

Baca Juga: Polisi Ungkap Peredaran Serum Palsu di Pekanbaru

 

Perbedaan tersebut dapat dilihat pada bentuk ampul yang palsu lebih tinggi dari yang asli, kemudian warna bungkus agak buram, dan bentuk kemasan berbeda.

 

Veramika mengatakan bagi para pedagang yang ingin mengedarkan atau menjual obat kepada konsumen sebaiknya membelinya di gerai obat yang sudah mempunyai lisensi.

 

"Himbauan bagi pelayananan kesehatan berhati-hatilah dalam membeli sarana. Belilah di tempat yang resmi, dan memverikasikannya ke tempat yang terdaftar di kementerian kesehatan‎ atau membelinya kepada pedagang besar farmasi, kalau yang ini kan dari sales-sales," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline