Terobos Natuna, F16 TNI AU Usir Pesawat Malaysia

Pesawat-TNI-AU.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kementerian Pertahanan Malaysia menerima laporan bahwa pesawat tempur Indonesia telah mengusir pesawat Malaysia, Royal Air Force Malaysia (RMAF) C130 karena telah menerobos wilayah Indonesia di kawasan Pulau Natuna pada hari ini, Senin, 27 Juni 2016.

 

RMAF c130 dicegat dalam perjalanan ke Labuan, Sabah dari pangkalan udara Subang, seperti dilansir dari NEW STRAITS TIMES ONLINE, Senin, 27 Juni 2016.

 

Menteri Pertahanan, Datuk Seri Hishammudin Hussein telah mengkonfirmasi insiden itu. Kini, ia masih menunggu laporan lengkap untuk mengetahui kejadian sebenarnya yang menyebabkan pesawat menerobos wilayah Indonesia.

BACA JUGA: 'Berang' ke China, Jokowi Rapat di Kapal Perang di Natuna

 


Namun, Hishammudin mengatakan ia tidak terlalu mengkhawatirkan insiden tersebut, sebab peristiwa pesawat menerobos perbatasan terjadi di seluruh dunia. Selain itu, Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan bilateral yang kuat.

 

Sementara, Kepala Dinas Penerangan Angakatan Udara, Marsekal Madya Wiko Sofyan mengatakan pesawat Malaysia telah melintas di wilayah Indonesia tanpa clearance pada Sabtu, 25 Juni. Kemudian, di hari yang sama dua pesawat F16 TNI AU di bawah kendali Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudsa) mengusir pesawat itu keluar dari wilayah udara Indonesia pada pukul 11.15.

KLIK JUGA: Lima Kapal Perang Akan Intai Natuna 

 

"C130 melintas dari barat ke timur, Kohanudnas sebatas memperingatkan dan mengusir keluar," kata Wiko sebagaimana diberitakan Tempo, Senin, 27 Juni 2016.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

NEW STRAITS TIMES ONLINE | TEMPO