Hari Ini, Hasil UN SMP Diumumkan

Ujian-Nasional.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Hasil ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) diumumkan secara serentak hari ini, Sabtu (11/6/2016).

 

Pengumuman UN akan diumumkan kepada 4.372.872 siswa dari 60.067 satuan pendidikan di Indonesia dengan berbagai metode.

 

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan ada peningkatan pada indeks integritas ujian nasional (IIUN) di 72 persen sekolah peserta UN SMP dan 21,16 persen sekolah mengalami kenaikan di IIUN dan nilai UN.

 

Menurut Anies, adanya kenaikan nilai dan IIUN disebabkan sistem UN computer based test (CBT) yang digunakan saat ujian.


 

"Sekolah yang sudah jujur pada 2015, makin terlihat pada 2016. Kalau integritasya rendah, gap nilai tinggi. Kalau integritas tinggi gap jadi rendah," tuturnya, sebagaimana dilansir dari Okezone, Sabtu, 11 Juni 2016.

 

Namun, pada segi nilai masih ditemukan 41,92 persen dari total peserta UN SMP yang belum mencapai nilai rerata 55. Sedangkan siswa yang sudah mencapai rerata di atas 85 hanya 4,04 persen.

 

Meski demikian, Anies menyebutkan 168 ribu siswa yang berhasil mencapai nilai di atas 85 tersebut patut untuk diapresiasi. Karena masih jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah lulusan sekolah menengah di Singapura yang hanya 40 ribu sampai 45 ribu siswa per tahun.

 

Selain itu, Anies mengimbau agar banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah 55 tidak dijadikan sebagai sebuah ketakutan, misalnya dalam menghadapi MEA. Terlebih lagi, saat ini indeks integritas ujian nasional (IIUN) mampu mengoreksi hasil UN yang sebenarnya.

 

"Hasil UN SMP 2016 akan menjadi landasan untuk pembinaan atau intervensi terhadap sekolah supaya bisa lebih baik," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline